Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Bantah Selewengkan ADD/DD, Pemdes Laturake Mengaku Kecewa Pemberitaan Miring Media

Bantah Selewengkan ADD/DD, Pemdes Laturake Mengaku Kecewa Pemberitaan Miring Media

Piru, Cengkepala.com – Pemerintah Desa (Pemdes)  Laturake kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) bantah tudingan penyalah gunaan ADD/DD yang dilayangkan tanpa bukti kongkrit. Bukan saja Sekretaris Desa Stevy Tibali yang berhasil diwawancarai di Laturake. Ketua BPD Desa Laturake pun dengan tegas menepis tudingan miring terhadap pemberitaan di media yang baru-baru ini menerbitkan berita tanpa melalui konfrimasi terlebih dahulu, Kamis (19/07).

Ilustrasi/cengkepala.com

Pemdes melalui Sekretaris dan Ketua BPD mengaku, pengalokasian ADD/DD di negeri tersebut sudah sesuai sebagaimana hasil Musrembang masyarakat dan staf desa Laturake.

Bertempat di kantor desa Laturake,  Senin  (16/07/2018), sekretaris desa (Stevi Tibali) menyatakan ketidak nyaman pihaknya setelah mengetahui sejumlah media di kota Ambon menulis berita tanpa ada konfirmasi kebenarannya.

“Tidak nyaman dengan adanya pemberitaan bahwa kami telah menggelapkan ADD/DD. Perlu diketahui kami mengelola dana tersebut melalui petunjuk dan mekanisme yang dibuat dari kementrian desa serta usulan masyarakat,” kata Stevy.

Dijelaskan, projek kerja air Bersih tahun 2017 di desa Laturake merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui APBN sebasar 245 juta dalam bentuk proyek Pansimas. Tetapi projek itu membutuhkan dana kosering dari desa sebesar 10% atau desa wajib menambah 35 juta.

“Projec tersebut sebetulnya mewajibkan untuk swadaya masyarakat, penambahan bahan bangunan 16% dan 14% tetapi masyarakat tidak bersedia akhirnya pemerintah melalui rapat menyepakati menggunakan anggaran dalam kas desa. jadi semua anggaran proyek air bersih dari sumber dana APBN dan desa,” akui Tibali.

Tibali mengakui, sebelumnya pihak pemerintah desa tidak mengetahui kalau akan mendapatkan bantuan air bersih tetapi bantuan itu datang secara tiba tiba. Mau dan tidak mau terpaksa pemrintah negeri harus melanjutkan itu.

“Maka untuk meng-siasati-nya kami tambahkan dari anggaran desa. Kan semua ini dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat karena mereka semua yang menikmatinya,” pinta Tibali.

Senada dengan ketua BPD Yacob Makatita, menjelaksan projek kerja desa yang lain. Untuk proyek desa berupa tiga titik gorong-gorong atau jembatan mini bersumber dari Alokasi dana desa ADD tahun 2016 tahap dua, dan dapat dirincikan diantaranya biaya untuk pembelian bahan sebesar 125.782.000 ditambah upah kerja 35 juta jadi total biaya sebesar 160.782.000. Dalam pekerjaan gorong gorong ini dananya tidak terpakai habis.

kemudian kami dari staf desa dan masyarakat melalui musyawarah membuat kebijakan untuk membuat gorong-gorong sebanyak tiga titik di jalan utama menuju desa.

“Kita, karena mengingat jalan utama ini merupakan tempat aktivitas kita sehari hari apa salahnya jika kita buat disana, ini juga kan untuk fasilitas kita semua, jadi, penambahan tiga titik gorong gorong itu menelan anggaran sebesar 135 juta, akuinya.

Diketahui pula, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku saat ini pun tengah membangun tiga proyek gorong-gorong di sekitaran Laturake. Dua sudah selesai dibangun dan satu masih dalam tahap pengerjaan.

“Itu artinya, Kami (Pemerintah Negeri) tahu persis dimana harus membangun. Tidak serta merta membangun di tempat yang bukan tanggung jawab kami,” tegas dia.

Pernyataan Makatita diakui pula Ferdinan Suplatu, Sekretaris BPD desa Laturake. Diungkapnya, berdasarkan kenyataan dilapangan, pengerjaan sudah sesuai mekanisme dan perturan menteri tentang desa.

Dirinya berharap, masyarakat desa Laturake tidak terprovokasi dengan isu murahan yang diendus tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu.

“Kami berharap dukungan penuh masyarakat desa Laturake, pemerintah Kabupaten bahkan pemerintah Provinsi Maluku untuk sama-sama membangun desa baik fisik maupun non fisik yang berkualitas agar Laturake setara dengan negeri-negeri lainnya di provinsi Maluku,” harap Supalatu.***(DK)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!