Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Bawaslu Gelar Sidang Lanjutan Pelanggaran Administrasi Calon Legislatif PDI-P di SBB

Bawaslu Gelar Sidang Lanjutan Pelanggaran Administrasi Calon Legislatif PDI-P di SBB

Piru, cengkepala.com – Perihal dugaan pelanggaran pentahapan Pemilu di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten SBB gelar sidang yang dipimpin langsung ketua Bawaslu provinsi Abdullah Elly, Rabu (05/09).

Ketua majelis didampingi anggota dalam sidang dugaan pelanggran administrasi Pemilu di SBB.** Foto/DK

Sidang tersebut merupakan sidang lanjutan terkait pelanggaran administrasi dari PDI-P terhadap Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) SBB yang mana telah menjadi temuan Bawaslu kabupaten SBB saat ini.

Giat yang berlangsung hikmat tersebut, dihadiri sejumlah pimpinan dari kantor Bawaslu Provinsi, diantaranya Abdullah Elly, ketua Bawaslu Provinsi Maluku sekaligus sebagai Majelis Pemeriksa, Astuti Usman, Kordiv sengketa Bawaslu Provinsi Maluku, sebagai Majelis Pemeriksa, Dr. Zubair Abdullah, komisioner Bawaslu Provinsi Maluku, Roni Tenu, Tim Asistensi HPP selaku Asisten Pemeriksa, Kasek Bawaslu Provinsi Maluku, Nurbandi Latarissa, selaku Sekertaris Sidang.

Selain dihadiri para majelis sidang, juga hadir pelapor, Hijrah Tangkota, dan para terlapor diantaranya, ketua KPUD SBB, Drs. H. Silehu Ahmad,Komisioner Devisi data KPUD SBB, Syarif Hehanussa, Komisioner Devisi Teknis KPUD SBB, Djafar Patty, dan Komisioner Devisi Hukum KPUD SBB, Zefnat Latumakina.

Sementara para saksi yang berhasil dihadirkan diantaranya, staf Bawaslu Kab SBB, Sukman Hakim Waliulu, Frans Agustinus Ulate dan Recyson Fredy Pentury.

Pantauan media ini saat berlangsungnya sidang, KPUD SBB sebagai terlapor menyapaikan laporan secara lisan yang dibacakan oleh komisioner KPUD Devisi Hukum Sepnat Laturumakina.

Dalam laporannya, Sepnat menyatakan dengan tegas, pihaknya menolak dengan gugatan terkait dugaan pelanggaran administrasi kepada calon anggota legislatif PDI-P.

Menurutnya, selama ini tahapan yang dilakukan oleh KPUD telah melalui pentahapan dan mekanisme.

Sementara ketua Bawaslu Provinsi Maluku sekaligus berperan sebagai Ketua majelis pemeriksa, Abdullah Elly menyampaikan, pihaknya (Bawaslu Provinsi Maluku) telah melalui dua tahapan dalam kasus tersebut, yakni pelaporan tertulis dari pelapor Bawaslu SBB Hijrah Tangkota, dan laporan lisan oleh terlapor KPUD Sbb yang dibacakan oleh Sepnat Laturumakina.

“Selanjutnya untuk sidang pada hari ini diskorsing sampai Senin (10/9) dan kami akan kumpulkan seluruh bukti bukti dan pemeriksaan saksi saksi agar di sidang selanjutnya telah mendapatkan titik terang.” ungkap Elly.

Dirinya menegaskan, Bawaslu Provinsi Maluku akan menegakan aturan yang sebenar-benarnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Menutup keterangannya, dirinya berharap, badan pengawas baik provinsi maupub Bawaslu Kabupaten hingga panwas kecamatan agar melakukan fungsi kontrol yang sebaik baiknya agar proses pentahapan menuju Pemilu 2019 mendatang terlaksana dengan aman dan nyaman.** DK

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!