Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Bawaslu Maluku Giat Sosialisasikan Forum Warga Pengawasan Partisipatif

Bawaslu Maluku Giat Sosialisasikan Forum Warga Pengawasan Partisipatif

Namlea, cengkepala.com – Dalam rangka memaksimalkan peran fungsi pengawasan jelang pemungutan suara pada pemilihan serentak 2018, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku giat  sosialisasikan Forum Warga Pengawasan Partisipatif. Setelah sebelumnya telah dilakukan diberbagai desa dan selanjutnya di dataran waplau kabupaten Buru.

Pose Bersama Tim Bawaslu Maluku Usai Dialog Bersama Warga.**

Seperti yang terkonfirmasi cengkepala.com melalui via seluler, Jumaat (09/03) Komisioner Bawaslu provinsi Maluku, Astuti Usman mengakui pelaksanaan agenda forum warga digelar di Desa Lamahang Kecamatan Waplau, yang ada di Kecamatan Fenaleisela dan Desa Lehariat Kabupaten Buru pada Rabu (07/03) kemarin.

Dijelaskan, Bawaslu Maluku telah memprogramkan kegiatan sosialisasi forum warga agar dapat dengan mudah mengajak masyarakat mengawasi seluruh tahapan pemilihan kepala daerah hingga 27 Juni 2018 mendatang.

Ia memaparkan, turunan pelaksanaan tersebut dari Bawaslu RI yang mana telah menetapkan pendekatan prefentif mengutamakan pengawasan tidak diukur dari seberapa banyaknya pelanggaran yang ditangani oleh lembaga pengawasan, tetapi diukur dari kualitas pemilihan itu sendiri.

“Pilkada berlangsung secara demokratis sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan asas-asas pemilihan umum yang ada,” ungkap dia.

Menutup keterangan singkatnya, Astuty berharap Masyarakat kecamatan Waplau dapat memahami dan menjadi bagian dari Bawaslu dalam pengawasan Pilkada dari pentahapannya hingga pada pemungutan suara 27 Juni mendatang.

Sementara itu, Saryo Utoyo tokoh masyarakat yang saat ini menjabat sekretaris desa Lamahang ketika dimintai tanggapan perihal forum warga tersebut kepada cengkepala.com Jumaat (09/03) di Lamahang menyatakan dukungan dan apresiasinya. Dikatakan, kegiatan tersebut sangat memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait politik.

“Kita diberi kiat-kiat utuk menjadi bagian dari Bawaslu dalam mengawasi jalannya pelaksanaan Pilkada,” ungkap Utoyo.

Utoyo representasi masyarakat desa Lamahang memberikan penghargaan setingi-tingginya terhadap tim Bawaslu Maluku dan pihak Panwas Kabupaten Buru atas gelaran agenda pada hari Rabu kemarin.

“Kami mengerti dan tugas kami adalah memberikan hak suara serta mengontrol jalannya tahapan pilkada sampai selesai,” terang sekretaris desa itu.

Menutup keterangannya, dirinya berharap masyarakat Desa Lamahang dan sekitarnya juga bisa meresapi penyampaian tim Bawaslu dan Panwas pada kegiatan yang di pusatkan di desanya tersebut.

Untuk diketahui, Forum Warga di desa Lamahang berhasil menghadirkan narasumber dari Bawaslu Maluku, Anggota Panwaslu Kabupaten Buru, Saiful Kabau dan Tim Asistensi Bawaslu Maluku Ronny Thenu sera perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan pemilih pemula se-Kecamatan Waplau.*** (M R Litiloly)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!