Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

BEM Ekonomi Uniqbu Dorong UKM Jadi Prioritas Peningkatan PAD Daerah

BEM Ekonomi Uniqbu Dorong UKM Jadi Prioritas Peningkatan PAD Daerah

Namlea, cengkepala.com – Perkembangan ekonomi dunia akan didominasi oleh usaha kecil dan menengah. Daerah yang memiliki jaringan yang kuat pada usaha kecilnya akan berhasil dalam persaingan industri di pasar domestik maupun global.

Oleh karena pemerintah daerah sudah seharusnya memberi perhatian karena unit kerja menengah (UKM) adalah aset daerah.

Ketua BEM Fakultas Ekonomi, Okhy Saputra dalam rilis yang diterima Cengkepala.com (29/11/2018) kemarin mengharapkan agar dalam tahun anggaran 2019 nanti dan bila perlu seterusnya, Pemerintah Daerah Kab. Buru menjadikan UKM sebagai sektor prioritas dalam mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) kedepanya.

Okhy menilai Peranan UKM dirasakan begitu penting karena sektor ini tidak hanya sebagai sumber mata pencarian, tetapi juga menyediakan lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat dengan tingkat pengetahuan dan keterampilannya yang rendah.

“UKM juga memiliki potensi sebagai sektor mikro yang mengangkat kekayaan kearifan lokal di Kabupaten Buru pada khususnya. Sehingga kita bisa mendapatkan beberapa efek domino yang bisa di hasilkan dari sektor ini,” jelas Okhy.

Okhy berharap di Era perdagangan bebas ini pemerintah daerah harus bisa memastikan bahwa pasar domestik harus didominasi oleh pengusaha lokal maka untuk itu perlu ditingkatan kualitas produk dan harga pasarnya untuk bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

“Selain itu perlu diupayakan semangat dari semua stakeholder untuk memperkuat UKM ini sehingga mampu untuk bersaing dalam merebut pangsa pasar yang ada” Tandasnya.

Pengembangan produk UKM. juga promosi bagi wisata dan budaya asli daerah yang mewarnai variasi produk-produk UKM itu sendiri.

Ketua BEM yang sekaligus menjabat sebagai sekretaris Komisariat Ekonomi Uniqbu Hmi Cabang Namlea berharap sungguh agar dalam pembahasan RAPBD T. A 2019 yang selesai pada tadi malam, Pemerintah daerah dan DPRD telah melakukan pemetaan spesialisasi produk UKM.

Menurutnya dengan strategi ini diharapkan pemerintah sebagai pembina UKM akan mudah dan fokus dalam pengembangan UKM secara sektoral menuju UKM yang professional dan berdaya saing tinggi yang bisa meningkat dari memiliki pasar lokal menjadi domestik nasional bahkan Internasional.*** Mr

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!
X