Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Besok, Karnaval Tandai Pelaksanaan Pesona Meti Key III

Besok, Karnaval Tandai Pelaksanaan Pesona Meti Key III

Langgur, cengkepala.com – Penyelenggaran even Festival Pesona Meti Kei (FPMK) III besok mulai digelar oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). Pembukaan ajang bergengsi tersebut ditandai dengan pelaksanaan karnaval budaya oleh ratusan peserta.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malra, Roy Rahajaan dalam keterangan perssnya hari ini di Kantor Dinas Pariwisata Malra.

Dikatakan, Terkait dengan FPMK III Tahun 2018 mulai pelaksanaannya mulai tanggal 25 besok ditandai dengan pelaksanaan Karnaval.

“Karnaval sendiri dibagi atas dua yakni, karnaval dimulai pagi hari hingga siang pesertanya dari masing-masing Ohoi (desa) di Kabupaten Malra yang menampilkan budaya,” jelas Roy.

Lanjutnya, sementara siang sampai malam karnaval di isi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, dan instansi Fertikal di Malra yang akan menampilkan apa yang menjadi tampilan kerja masing instansi.

Pembukaan FPMK III yang ditandai dengan Karnaval ini sendiri rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun.

Disinggung soal tamu maupun undangan yang akan hadir di FPMK III kali ini, Roy mengungkapkan, sesuai komposisi undangan yang diedarkan Panitia dan yang telah mengonfirmasi akan hadir diantaranya Kemenko Kemaritiman RI, Kementrian Pariwisata dalam hal ini Deputi Destinasi, Irjen Kemendagri dan Komendan Lantamal Ambon.

Lebih jauh untuk pelaksanaan FPMK III, Roy Rahajaan menjelaskan setelah pembukaan dengan pelaksanaan karnaval tanggal 25 besok, tanggal 26 dilaksanaksn lomba goyang meti kei (babak penyisihan), kemudian tanggal 27 lomba tari sawat dan tari panah (babak penyisihan), dan tanggal 28 akan dilangsungkan final kedua lomba tersebut yang dipusatkan di Objek Wisata Pasir Panjang (ngurbloat).

Tanggl 28 juga akan diadakan tour keliling objek wisata bagi tamu undangan dan panitia sudah menyediakan kendaraan laut.

“Tour keliling objek wisata kita bagi atas dua trip, satu trip ke objek wisata di Kei Besar yakni Ohoi Ad dan Harangur, kemudian satu trip lagi untuk mengelilingi objek wisata di Kei Kecil”, utar Roy.

Untuk puncaknnya, tanggal 29 nanti akan kita laksanakan Wer Warat (tarik tali) di Ohoi Revav, bersamaan di hari yang sama tamu maupun undangan, wisatawan serta masyarakat Kei menikmati pesta rakyat di Ngurbloat dari pagi hingga malam hari.

Tarian massal juga akan dilaksanakan oleh panitia FPMK III namun tak sebanyak FPMK II yang melibatkan 12 ribu orang, namun kali ini tarian massal hanya diperagakan seribu peserta di Ngurbloat.

Berbeda dengan FPMK terdahulu di mana FPMK II yang lalu mengadakan Lomba Dayung Belan, untuk FPMK III tidak dilaksanakan dengan pertimbangan pelaksanaan lomba dayung belan akan dilaksanakan tiga tahun sekali, sehingga kerinduan masyarakat akan lomba ini tetap ada.

Ditambahkan, untuk jumlah kunjungan wisatawan ke Malra saat ini sudah sangat signifikan peningkatannya dimana sejak tanggal 10 kemarin hingga kini wisatawan mancanegara maupun dalam negri terus berdatangan di Malra.

“Untuk hotel maupun penginapan kini mulai terisi penuh oleh wisatawan yang ingin mengikuti agenda Nasional FPMK III tahun 2018 dan itu dapat dikroscek langsung”

Harapan Roy, dengan terselenggaranya Iven FPMK III ini kiranya seluruh masyarakat Malra dapat mendukung Iven ini, sehingga kedepan kita dapat menjadi Destinasi Unggulan Wisata Indonesia.*** Ald

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!