Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

BPS Provinsi Maluku Merilis ITK Pada Triwulan IV 2017 Mencapai 117,50%

BPS Provinsi Maluku Merilis ITK Pada Triwulan IV 2017 Mencapai 117,50%

Ambon, cengkepala.com –  Kondisi Indeks Tendensi Konsumen (ITK) provinsi Maluku pada triwulan IV-2017 sebesar 117,50 artinya terjadi peningkatan kondisi ekonomi pada triwulan IV-2017 dengan tingkat optimisme lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi triwulan III-2017 (Indeks sebesar 116,46).

Hal ini disampaikan kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Maluku, Dumang Hutauruk saat menggelar konferensi pers di kantor BPS Maluku Senin (05/02).  Perkiraan pada triwulan mendatang tersebut dilakukan oleh responden/konsumen dengan cara mengisi kuesioner survei tendensi konsumen yang disediakan oleh BPS.

Dijelaskan, bila dilihat ITK triwulan IV-2015 sampai dengan triwulan IV-2017, maka dapat dijelaskan bahwa kondisi ekonomi konsumen terus mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Pasalnya, menurut dia dalam kurun waktu tersebut, meskipun tingkat optimismenya berbeda nilai ITK Provinsi Maluku pada triwulan I-2018 diperkirakan sebesar 97,73.

“Ini berarti kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan mengalami penurunan pada triwulan I-2018 dengan tingkat optimisme yang juga menurun,” ungkpanya.

Dijelaskan, perekonomian Maluku berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan IV-2017 mencapai Rp 10,41 triliun dan atas harga konstan 2010 mencapai Rp 7,20 triliun.

Ekonomi Maluku triwulan IV-2017 (c-to-c) tumbuh 5,81 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong hampir semua lapangan usaha kecuali Pengadaan Listrik dan Gas yang mengelami kontraksi sebesar 2,48 persen. Sementara dari sisi pengeluaran terutama didorong oleh Komponen Konsumsi rumah Tangga yang tumbuh sebesar 5,43 persen.

Menurutnya ekonomi Maluku triwulan IV-2017 tumbuh 5,11 persen (y- on-y). dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Konstruksi yang tumbuh 7,60 persen. Dari sisi Pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Impor Luar Negeri yang tumbuh sebesar 10,05 persen.

“Ekonomi Maluku triwulan IV-2017 meningkat sebesar 2,61 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 7,50 persen. Sementara dari sisi Pengeluaran dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 5,92 persen,” Pangkas Hutauruk.** (Feb)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!