Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Bursa Inovasi Desa Dipandang Penting, Bupati Aru Minta Kades Ikut Dengan Baik

Bursa Inovasi Desa Dipandang Penting, Bupati Aru Minta Kades Ikut Dengan Baik

DOBO,Cengkepala.com -Merujuk pada undang-undang Nonor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kepulauan Aru gelar kegiatan Bursa Inovasi Desa. Kegiatan tersebut bertujuan untuk Desa berinovasi sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa se-kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

“Tujuan digelarnya kegiatan Inovasi Desa dihari ini merupakan akselerasi pencapaian tujuan pembangunan nasional. Selain itu, hal ini juga merupakan bagaian dari program Nawacita Presiden RI, yang menginginkan setiap desa di Indonesia mampu berinovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,”kata Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Johan Gonga saat membuka kegiatan Inovasi desa yang digelar belum lama ini.

Selain itu, lanjut orang nomor satu di kepulauan penghasil mutiara itu, ia juga mengingatkan agar kepala-kepala desa yang adalah peserta kegiatan inovasi desa tersebut, agar mengikuti setiap program dan materi yang diberikan nanti. Sehingga tujuan desa dalam berinovasi dapat tercapai dengan baik.

“Saya berharap bagi para peserta yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Karena, manfaatnya sangat baik bagi desa-desa yang anda pimpin,”ujar Gonga

Terpisah, Sekretaris tim Inovasi Desa kabupaten kepulauan Aru Johan Karams mengatakan, kegiatan Inovasi desa yang dilaksanakan saat ini yang dihadiri oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) pada 10 kecamatan merupakan bagian dari penyelenggaraan pentahapan bursa inovasi desa, yang digagas oleh Kementerian inovasi desa. Jadi, lanjut dia, sasaran dari inivasi desa sesuai keputusan Kemendes Nomor 48 Tahun 2014, yang sasaran utamanya diarahkan untuk mencapai kualitas pemanfaatan dana desa pada tahun-tahun anggaran berikutnya.

“Ya, mungkin hal inilah yang melatarbelakangi pemerintah untuk, mengevaluasi penggunaan dana desa semakin besar. Tetapi berbanding terbalik dengan pemanfaatannya yang mungkin tidak evektif sesuai kapasitas pemerintah desa dalam mengelola dana desa itu sendiri,”jelas karams

Nah, dengan demikian, tambah dia, munculah bursa inovasi desa sebagai payung untuk meningkatkan kualitas ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi kalau bursa inovasi desa semacam kegiatan tukar-menukar informasi cerdas untuk meningkatkan kualitas, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan dari desa-desa di Indonesia yang sudah terdokumentasi secara nasional,”ungkapnya (AL/Janes)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!