Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Diskucapil SBT Musnahkan KTP Rusak

Diskucapil SBT Musnahkan KTP Rusak

Bula, cengkepala.com – Validasi data kependudukan yang sesuai dengan realitas diudara menjadi kunci dari suksesnya Pemilu tahun 2019. Oleh sebab itu Kementerian Dalam Negeri menghimbau untuk memusnakan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (KTP-el) dan KTP non Elektronik rusak (Invalid).

Olehnya itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menggelar pemusnahan KTP-el rusak (invalid) dengan cara dibakar di halaman depan Disduk Capil SBT, Jalan Wailola Bula Rabu (19/12/2018) sekitar pukul 09.30 Wit.

Pemusnahan dihadiri Kadis Disduk Capil Kabupaten SBT Sidik Rumalowak, Ka Rendal OPS Polres Kabupaten SBT AKP M Antula, Ketua Bawaslu Kabupaten SBT Rosna Sehwaky, Komisioner KPU Kabupaten SBT Devisi Hukum Kisman Kelian, dan Devisi Teknis Taip Wangsi, Karteker Kepala Desa Wailolla Bula Yusran Buatan serta seluruh staf Disduk Capil SBT dan masyarakat.

Kepala Dinas Disduk Capil Kabupaten SBT Sidik Rumalowak dalam arahan singkatnya menyampaikan Pemusnahan KTP-El sesuai perintah Mendagri dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan juga sesuai surat edaran Mendagri Nomor 471/13/11176/ tanggal 13 Desember 2018.

“Kegiatan ini dalam rangka menyukseskan dan memberikan kualitas kepada pelayanan kita terhadap tahun 2019 sebagai tahun Demokrasi yakni Pemilihan Umum baik Presiden dan Wakil Presiden DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, kaitanya adalah kegitan ini yang dilakukan serentak seluruh indonesia,” kata Rumalowak yang juga
mantan Ketua KPU Kabupaten SBT tersebut.

Dikatakanya, pemusnahan KTP yang invalid atau rusak tersebut agar tidak disalahgunakan, mengingat sejumlah kasus KTP-El yang sempat viral. Pemusnahan KTP-El rusak fisik, mutasi dan perubahan status.

“Pemusnahan KTP-El dalam rangka meminimalkan penyalahgunaan oleh pihak yang tidak  bertanggung jawab dan ukut serta dalam mensukseskan Pemilu tahun 2019,” terang Rumalowak.

Menurutya, sebanyak 4036 keping KTP Elektronik dan 61 keping KTP non Elektronik rusak (Invalid) berubah status dan lain sebagainya tersebut merupakan kumpulan sejak beberapa tahun terakhir ini, yang tersebar dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten SBT.

Pemusnahan KTP-El dan dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara oleh Kadis Disduk
Capil SBT, Komisioner KPU, Bawaslu SBT dan perwakilan Polres SBT.** Im

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!
X