Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Dorongan Kuat Masyarakat Maluku, Ambon Terpilih Kota Penyelenggara Pesparani 2018

Dorongan Kuat Masyarakat Maluku, Ambon Terpilih Kota Penyelenggara Pesparani 2018

Ambon, Cengkepala.com – Berkat dorongan kuat tokoh agama serta masyarakat Maluku, Ambon terpilih sebagai kota penyelenggaraan pesta paduan suara gerejani pertama di Indonesia. Keterpilihan kota Manise ini secara yuridis termaktub dalam keputusan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) ke-17 Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN).

Disamping banyak dari masyarakat Ambon yang memang terbukti cukup berpengalaman ketimbang kota lainnya untuk menyelenggarakan pesta paduan suara ini. Alasan lainnya adalah kota Ambon telah lama di daulat sebagai wilayah kerukunan dalam keberagaman.\

Terpilihnya Ambon jadi lokasi event dilaksanakan juga bisa menambah kontribusi positif bagi warga Ambon sendiri. Baik dari sisi ekonomi, pariwisata, maupun penguatan sebagai kota persatuan keberagaman.

“Ini sesuatu yang kontributif juga untuk Ambon sendiri. Karena Ambon sudah di daulat jadi wilayah kerukunan beragam, jadi ini seperti gayung bersambut lah,” terang Ketua LP3KN Adrianus Meliala, di Gedung Karya Pastoral, Jalan Katedral No.5, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).

Adrianus mengungkap, masyarakat Katolik Ambon sebelumnya juga telah giat melakukan penyelenggaraan Pesparani ini namun masih pada tingkat provinsi.

Kemudian mereka berpikir untuk mendorong kompetisi ini ke ranah nasional dengan menggandeng negara, dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) untuk membuat legal formal atau kekuatan hukum penyelenggaraan event tersebut, agar cakupan keterlibatan pemerintah dapat di akomodir.

“Kemudian kementerian Agama ada legal formalnya. Supaya semua pihak bisa terlibat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat untuk bisa mendanai,” kata Adrianus.

Sekretaris Umum LP3KN Toni HF Pardosi mengatakan, dorongan itu bukan saja berasal dari umat Katolik sendiri, melainkan umat lainnya seperti protestan dan islam.

“Ini aspirasi masyarakat, terutama Ambon, mereka mendorong kuat ini dilaksanakan. Yang cukup mengesankan mereka yang mendorong itu bukan hanya katolik, tapi protestan dan muslim juga,” ujar Toni.

Pesta Paduan Suara Katolik Nasional ini bakal diselenggarakan pada 27 Oktober hingga 2 November 2018 mendatang di Ambon, Maluku dengan melibatkan 8.000 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Sementara untuk pembukaannya bakal di buka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober mendatang di Lapangan Merdeka Ambon.***RUL

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!