Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Hari Kontrasepsi Sedunia, Kelurahan Uritetu Sirimau Dapat Pelayanan KB Gratis

Hari Kontrasepsi Sedunia, Kelurahan Uritetu Sirimau Dapat Pelayanan KB Gratis

Ambon, cengkepala.com – Dalam rangka memperingati hari kontrasepsi sedunia yang jatuh tepat hari Rabu (27/09/2018) kemarin, Badan Kesehatan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) gandeng Dinas Pengendalian Kependudukan dan KB (Keluarga Berencana) Kota Ambon Kamis (27/09), gelar pelayanan KB gratis di Kantor Lurah Uritetu Kecamatan Sirimau kota Ambon.

Koordinator Kecamatan Sirimau Salama Polhaupessy S.sos mengatakan, kegiatan pelayanan KB gratis dilakukan serentak dalam minggu ini.

Diakui, jelang hari kontrasepsi sedunia, kegiatan semacamnya sudah dilaksanakan di beberapa kecamatan di Kota Ambon diantaranya Kecamatan Baguala.

Untuk kecamatan sirimau sendiri, pihaknya telah menyepakati untuk diselenggarakan di kelurahan Uritetu.

“Karena mengingat letak kantornya yang di depan jalan dan segala orang yang berlalu-lalang bisa melihat bahwa ada kegiatan ini dan mereka bisa mampir untuk mengikuti,” akui Polhaupessy.

Polhaupessy menjelaskan, ada empat alat kontrasepsi yang digunakan untuk kegiatan ini diantaranya Implan, Suntikan, Pil, Kondom dan spiral.

Perihal emapt alat ini, yang menjadi sorotan ialah penggunaan spiral. Untuk Spiral sendiri tidak bisa dilakukan ditempat terbuka harus dilakukan di ruangan yang steril jadi untuk kontrasepsi spiral sendiri tidak dilakukan di lokasi kegiatan.

“Jumlah aksefer yang hadir secara keseluruhan sebanyak 28 orang, yang terdiri dari Implan 18 orang, yang baru mau melakukan implan 13 orang, yang aktif 5 orang sedangkan yang yang cabut 3 orang jadi keseluruhan 28 orang,” jelasnya.

Diakuinya, di kelurahan Uritetu sendiri juga memiliki medis tersendiri tapi untuk kegiatan tersebht merupakan agenda yang sudah disiapkan medis dari BKKBN. Pihak BKKBN siapkam medias sendiri dan sudah lama mengikuti pelatihan dan khusus untuk melayani KB. Semetra medis di Kelurahan bertugas sebagai penyuluh.

Sementara menurut salah satu warga berinisial A (namanya enggan dipublis) mengatakan kegiatan ini cukup bagus dan diapresiasi warga Uritetu.

“Kami bisa melakukan menyuntikan dan pelepasan KB disini tanpa harus ke dokter selain kegiatannya yang tidak dipungut biaya kami pun dilayani dengan baik. Selain melakukan suntik kami juga diberikan obat. Saya tadi lewat didepan kemuadian saya melihat ada kegiatan KB gratis lalu saya singgah,” ungkapnya lugas kepada wartawan.*** Report : Iryani Pellu & Sunarti Kumkello | Editor : Fahrul

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!