Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

IAIN Ambon Wisudakan 252  Sarjana,  32 Diantaranya Wisuda Pasca Sarjana

IAIN Ambon Wisudakan 252  Sarjana,  32 Diantaranya Wisuda Pasca Sarjana

Ambon, cengkepala.com – Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Rijali Ambon meluluskan 252 Mahasiswa dalam rapat senat terbuka wisuda sarjana angkatan XVI dan wisuda sarjana Magister di Islamic Center, Kamis (26/07).

Dari total angka tersebut, 32 diantaranya mahasiswa pasca sarjana/magister dan 220 mahasiswa starata satu (s1). Diketahui, fakultas dengan jumlah penyetor wisudawan terbanyak bersal dari fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) kemudian disusul fakultas Syariah dan terakhir fakultas Ushuludin dan Dakwah (Uswah).

Pengukuhan sarajana starata satu dan sarjana magister IAIN Ambon.** Foto/Austingk.

“Fakultas Tarbiyah sebanyak 130 peserta, Syariah sebanyak 72 peserta, Uswah sebanyak 18 dan Pasca Sarjana sebanyak 32,” ungkap Rektor IAIN Ambon Hasbollah Toisuta saat membacakan laporan akademiknya.

Mengawali mengawali laporan tersebut, dirinya selaku rektor mengucapkan selamat dan penghargaan kepada seluruh orang tua wali, suami atau istri wisudawan-wisudawati baik yang hadir tidak sempat hadir karena telah suskes menghantarkan putra-putri atau pendamping hidupnya mencapai gelar sarjana.

Toisutta mengakui, tema wisuda Membentuk Sarjana Muslim Cerdas dan Moderat, Merawat Kebinekaan Bangsa ini sengaja diangkat untuk memebentuk prespektif masyarakat Maluku dan bangsa Indonesia, bahwa tugas dan tanggung jawab akademik IAIN Imam Rijali Ambon adalah melahirkan sarjana muslim yang cerdas, berbudi atau dalam bahasa agama disebut ulul albab.

“Sarjana muslim dengan predikat ulul albab setidaknya memili tiga potensi dasar yakni, potensi fikir, potensi zikir dan potensi Potensi Fi’il,” tegas Toisutta.

Dijelaskannya, potensi pertama yakni fikir ialah tentang kemampuan menangkap dan menkonstruksi fenomena-fenomena alam untuk kepentingan kemaslahatan umat. Potensi Zikir yang mana sarjana wajib wajib memandang semesta dengan kesadaran ilahiah, bahwa alam semesta adalah pertanda tuhan atau ayatullah. Potensi ketiga potensi fi’il yaitu sikap dan perilaku mencermikan seorang sarjana muslim yang berkarakter dan Ahlak baik.

Tamu undangan dalam rapat senat terbuka** Foto/Austingk.

Dalam laporan akademk tersebut, Toisutta menegaskan, selain menjadi sarjana muslim yang cerdas, alumni IAIN Ambon juga dibekali dengan sikap keberagaman yang moderat. Tidak terjebak oleh ideolgi yang cenderung mendorong pikiran ke-Kiri atau ke-Kanan, ke-Barat atau ke-Timur. Sikap dan pandangan yang moderat justru menajdi pilihan ketika Allah menempatkan kita sebagai Umatan Wasatan, Umat tengah, dengan misi sebagai saksi jalannya sejarah kemanusian.

“Dengan Kesadaran ini, maka IAIN Ambon tidak mau menutup diri terhadap siapapun sepanjang sesuai dengan semangat visi dan misi IAIN Ambon yakni menjadikan kampus yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan integrasi keilmuan, keislaman, kebudayaan dan teknologi didalam bingkai multi kulturalisme,” ungkap Toisutta.

Toisutta juga mengungkapan, IAIN Imam Rijali Ambon akan terus membangun semangat idiologi integrasi masyarakat, mendorong terus proses perdamaian Maluku yang telah dirasa saat ini dan terus menjaga keberlanjutan perdamian yang ada.

“IAIN Ambon tidak terisolasi dalam bagunan pikiran keagamaan yang ekslusif dan sempit, melainkan wajib merespon kebinekaan bangsa yang beraneka puspa-ragam ini. Karna itu, kata kunci multi-kultural yang tercantum dalam visi IAIN Ambon merupakan suatu yang tepat bagemana, memposisikan peran IAIN Ambon dalam memberikan jawaban dari bagaiamana merawat pluralitas dan kebinekaan,” papar Toisutta.

Apalagi lanjut Toisutta, hal ini sekaligus juga sinergi dengan apa yang dicanangkan oleh pemerintah daerah untuk menjadikan Maluku Laboratorium perdamaian.

Penghujung laporan akademik itu, dirinya menyatakan, momentum wisuda dari tahun ketahun menjadi pelajaran tersendiri kepada IAIN Imam Rijali Ambon untuk terus berenah diri. Berbagai perbaikan dilakukan baik dalam aspek Sofware maupun Hardware, kami lakukan untuk menjadikan IAIN sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang mampu menjawab kebutuhan keumatan dan kebangsaan secara bersamaan.

Selaku rektor dan civitas akademika, seklai lagi, sepantaslah saya mengucapkan selamat dan penghargaan, kepada seluruh orang tua wali. Sementara kepada wisudawan-wisudawati ketahuilah, bangsa tengah menanti kreatifitas dalam meng-implematasi-kan ilmu pengetahuan dalam karya nyata.” tutup Toisutta.** (Rul)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!