Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Iha Luhu dan Kulur Tuan Rumah MTQ SBB Untuk 8 Kontingen 11 Kecamatan

Iha Luhu dan Kulur Tuan Rumah MTQ SBB Untuk 8 Kontingen 11 Kecamatan

Piru, cengkepala.com- SEBANYAK 154 kafilah ditambah 80 ofiicial hari ini mulai berdatangan di arena Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dikecamatan Huamual kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (24/01).

Ratusan peserta akan diinapkan di 3 negeri bertetangga, Iha, Luhu dan Kulur.

Ketua panitia MTQ ke VIII tingkat kabupaten SBB Drs. Yusuf Hatala menyatakan, ratusan peserta akan di inapkan di tiga desa. Desa Iha-Kulur akan diinapkan perwakilan 4 delegasi dan desa Kulur 4 delegasi.

“Jadi ada 8 delegasi perwakilan 11 kecamatan,” akui Hatala.

Hatala yang juga merupakan camat kecamatan Huamual itu menjelaskan, seluruh kecamatan di kabupaten SBB turut ambil bagian dalam momentum bergensi umat muslim di Huamual.

Namun, kata Hatala, ada 3 kecamatan yang memiliki satu kantor perwakilan urusan agama. Itu berarti tiga kecamatan
bergabung jadi satu kontingen MTQ.

“Ada 11 kecamatan delapan kontingen. Kecamatan Inamosol, Elpa Putih dan Taniwel Timur satu kantor Urusan Agama. Sementara kecamatan kecamatan lainnya masing masing memiliki kantor agamanya masing masing yang selanjutnya didelegasikan dari kantor agama tersebut. Makanya hanya delapan kontingen peserta bukan 11,” Jelas Hatala.

Perihal persiapannya, Hatala menegaskan, telah mencapai 95 persen. Seluruh arena lomba perhelatan akbar umat muslim tersebut telah dirampungkan dan melibatkan 3 negeri sekaligus.

“Persiapan 95 persen. 5 persen sisanya menunggu kedatangan para khafilah saja,” akui Hatala.

Hatala menjelaskan, arena lomba MTQ dihelat bersamaan di tiga negeri bertetangga. Yakni, Iha Luhu dan Kulur. Panggung utama berada di lapangan bola negeri Luhu. Sementara negeri Iha dan Kulukan dijadikan arena untuk beberapa mata cabang lomba seperti Tartil anak anak di Masjid Al Munawarah desa Kulur, juga lomba lainnya.

“Bukan saja tempat lomba ditempatkan di Iha Kulur, tetapi para khalifah akan diinapkan di negeri Iha dan Kulur,” tegasnya lagi.

Soal rumah inap, ratusan peserta dari delegasi 11 kecamatan itu, disebar merata di 3 desa tersebut.

“Mereka tinggal di rumah warga yang telah disiapakan hasil koordinasi panitia,” akui Hatala.

Hatala mengaku, tingginya antusiasme warga ketiga negeri dalam menyambut para khafilah petanda MTQ ke sebelas tersebut akan sukses.

Hal lain kata Hatala, momentum ini sebagai perekat mempersatukan negeri negeri di kecamatan Huamual terutama ketiga negeri yang terlibat langsung.

Lebih dari itu, dirinya berharap, MTQ ini menjadi sumber kesejukan, sumber mata air melimpahnya ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah untuk mencapai misi “Kas Bae SBB”.*** Rul

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!
X