Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Jelang 17 Agustus, Paskibra SBT Intens Berlatih di Lapangan Pancasila Kota Bula

Jelang 17 Agustus, Paskibra SBT Intens Berlatih di Lapangan Pancasila Kota Bula

Bula, Cengkepala.com – Peserta Paskibra Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) intensif mengikuti latihan pembekalan, baik itu fisik maupun mental.

Dari pantauan media ini Sabtu,(04/8/2018) Seluruh anggota Paskibra itu, menjalani latihan bersama di bawah kordinator pelatih Sertu Taklim Patty dari Koramil 1503 Kabupaten SBT dan pihak keamanan dari TNI/Polri di Lapangan Pancasila Bula. Mereka berlatih baris berbaris dan formasi serta meningkatkan kekompakan sebagai sebuah tim.

Ani Wadjo Kepala Seksi Kepemudaan Dinas Pendidikan Kabupaten SBT, selaku Penangungjawab kegiatan saat dikonfirmasi media ini mengatakan penyiapan Paskibra ini merupakan tanggung jawab Dinas Pendidikan dan pihaknya juga bekerja sama dengan pihak TNI/Polri dalam melatih Anggota Paskibra yang akan membawa sang merah putih pada 17 Agustus 2018 nantinya.

Dia juga menanbahkan untuk pasukan 17 yang tergabung dalam anggota Paskibra tahun 2018 diambil dari siswa-siswi terpilih dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten SBT, yang berasal dari SMA/SMK dan MA, yang sudah di surati Dinas Pendidikan Kabupaten SBT.

“Kami dari pihak Dinas Pendidikan sudah menyurati Sekolah se-Kabupaten SBT yang mewakili dari masing kecamatan, dan tiap Kecamatan diambil dua orang putra-putri,” ungkapnya.

Siswa yang tergabung dalam Paskibra ini di gembleng selama satu bulan penuh dan dilatih oleh Pihak TNI/Polri di lapangan Pancasila Bula Kabupaten SBT.

“Paskibra ini juga di karantina dan di fasilitasi tersendiri oleh Dinas Pendidikan, mulai dari makan minum sampai transportasi, dan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten SBT akan memberikan sertifikat dan hadiah lain untuk peserta Paskibra tahun 2018 ini.” kata Ani Wadjo.

Dari pihak TNI/Polri Kabupaten SBT memberikan pelatihan fisik dan mental, serta Peraturan Baris Berbaris kepada anggota Paskibra agar pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018 bisa berjalan dengan lancar.

Selain mendapat latihan baris berbaris, para anggota Paskibra juga mendapatkan bimbingan dan pengasuhan dari pelatih tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara.

Baris berbaris memegang peranan penting dalam pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih. Derap langkah yang tegap dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibra untuk melaksanakan tugas.

“Kekompakan anggota Paskibra tercemin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi,” ungkap Sertu Taklim Patty dari Koramil 1503 yang bertindak sebagai pelatih.

Dia menjelaskan, tujuan menggembleng personel Paskibra adalah agar pada saat pengibaran Sang Merah Putih memperingati HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2018 nanti seluruh anggota sudah siap melaksanakan tugas yang dibebankan kepada mereka dengan baik.

Puluhan pelajar yang terdiri dari SMA/SMK dan MA terpilih telah melakukan berbagai tahap latihan selama satu bulan, berbagai materi latihan yang diberikan antara lain Peraturan Baris-Berbaris (PBB), penghormatan upacara, sampai materi tentang wawasan kebangsaan.

Pada minggu pertama, anggota Paskibra Kabupaten SBT dilatih peraturan baris-berbaris, penghormatan upacara, juga materi kebangsaan. Lalu pada minggu kedua, latihan difokuskan pada latihan formasi.

Dia juga menambahkan untuk latihan Paskibra ini pihaknya melatih mereka selama satu bulan penuh dengan berbagai metode yang telah diberikan dan pihaknya memasikan bahwa mereka semua akan melaksanakan tugas ini dengan sukses nantinya.**

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!