Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Kanwil Kementerian Agama Maluku Giat Kampanyekan Kerukunan Umat Beragama

Kanwil Kementerian Agama Maluku Giat Kampanyekan Kerukunan Umat Beragama

Ambon, cengkepala.com – Usaha merajut kebersamaan masyarakat melalui pembangunan kerukunan umat beragama terus dikampanyekan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku. Komitmen mengajak masyarakat menciptakan harmonisasi kehidupan bermasyarakat ditengah perbedaan keyakinan dalam lingkungan sosial itu, terajut antara pemerintah daerah, organisasi keagamaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dalam silaturrahmi. Hal ini pun dibuktikan dengan pelaksanaaan Silaturahmi lintas agama yang berlangsung di Bailou (Gedung) Maioku, Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), pekan lalu.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad**

Giat yang diinisiasi Kemenag Provinsi tersebut mendapat sambutan meriah. Tak pelak, pada tanggal 18 April lalu, di kota berjuluk Gotong Royong itu, masyarakat beragama berkumul memenuhi gedung yang berada tak jauh dari Kantor Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Pemeluk agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, Para pemuka dan pimpinan organisasi keagamaan, kepemudaan, dan Organisasi Pimpinan Daerah (ODP) bersama ASN Kemenag di kota ini melebur menjadi satu.

Kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, mengatakan silaturrahmi merupakan wadah atau tempat perjumpaan sebagai pengikat dalam merajut kebersamaan antara seluruh masyarakat diwilayah Maluku Tengah.

Perjumpaan masyarakat lintas agama itu memiliki nilai dari wujud pembangunan kerukunan yang menjadi misi bersama dan terus digelorakan Kemenag diberbagai daerah. Sebelumnya pihak Kanwil telah melakukan hal yang serupa pada sejumlah Kota/Kabupaten dan direncanakan usaha merajut kerukunan melalui silaturrahmi akan dikiberkan pada seluruh pelosok negeri seribu pulau ini.

“Kemenag memiliki program SALAM atau Silaturrahmi Lembaga Keagamaan, program ini akan menyentuh seluruh pelosok di Maluku, SALAM dilahirkan untuk menyatukan masyarakat Maluku ditengah perbedaan keyakinan agama, suku, ras dan golongan, ” ujar Kakanwil sebagaimana yang dikutip dalam laman portal humas resmi kemenag Maluku, Jumaat (20/04).

Kakanwil memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten dan Kankemenag Maluku Tengah, yang telah memotori terselengaranya Silaturahi pemerintah daerah, pemuka organisasi keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dalam mometum ini.

Kakanwil menjelaskan, kunci mencipatakan harmonisasi masyarakat lintas agama adalah menghargai perbedaan, artinya kesamaan nilai-nilai budaya yang bernilai dan menjadi warisan para leluruh (lokal sisdom) ditengah-tengah masyarakat Maluku jangan pernah dibeda-bedakan. Kemudian perbedaan keyakinan (agama) Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddah, dan Konghuncu jangan pernah disamakan. ” Disitulah letak untuk mencipatakan hermonisasi kerukunan umat beragama, yang sama jangan dibedakan, dan yang beda jangan disamakan,” jelas Fesal Musaad.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Maluku Tengah, H. Japri Kabalmai, dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menjali silaturrahmi dengan seluruh elemen masyarakat diwilayah Maluku Tengah, mulai dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, bersama Para Pemuka dan Pimpinan Organisasi Keagamaan, Tokoh Agama, Masyarakat dan organisasi Kepemudiaan du Maluku Tengah.

“Kita memiliki tanggungjawab yang sama untuk memelihara dan menjaga toleransi dan sekatuan bangsa,” jelas Kabalmai.

Turut, hadir dalam kegiatan ini. Kapala Bagian TU, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Ny. Djenabun Musaafd, Kasubbag IK dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Abd Karim Rahantan, S.Ag, Asisten II Setda Maluku Tengah, Bahrun Kalau, Ketua Pengadilan Negeru Masohi, Haris Tewa, Kapolres Malteng, AKBP. Raja Arthur Lumongga Simamora, Kajari Masohi yang diwakili Kasi Intel Kejari Malteng, Afrizal Tuasikal, Kasdim Kodim 1502 Masohi, Mayor Inf. Adi Eka Jaya Saputra,dan Para pimpinan organisasi kegamaan, dan kepemundaan di Malteng. (Rul || Inmas)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!