Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Kelilauw DPRD SBT Soroti Potensi Pariwisata Kabupaten SBT

Kelilauw DPRD SBT Soroti Potensi Pariwisata Kabupaten SBT

Bula, Cengkepala.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menyoroti potensi wisata di daerah tersebut yang belum terjamah serta yang belum dimaksimalkan dalam pengelolaannya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten SBT, Abdullah Kelilauw, mengatakan, Kabupaten SBT memiliki banyak potensi wisata tapi belum dikelola dengan baik dan benar. Ia mencontohkan objek wisata pantai Keter di Gorom, Bais di Geser, dan Pantai Gumumae yang merupakan spot utama di Ibu Kota Kabupaten SBT yang belum dikelola secara optimal.

“Destinasi wisata yang ada di Kabupaten SBT, belum di kelola dengan baik wisata. Padahal, wisata pantai di SBT itu sangat bagus,” kata Kelilauw saat di konfirmasi (30/07).

Ia menambahkan, untuk itu, perlu promosi wisata bekerjasama dengan pihak swasta agar objek wisata bisa populer. Selain itu harus memanfaatkan media social agar bisa dikenal kalayak public dengan cepat.

“Di Kabupaten SBT ini ada sekitar puluhan destinasi wisata. Ini jumlah yang cukup banyak,” ujar pria kelahiran 05 September 1975 itu.

Abdullah Kelilauw.***

Selama ini, ada kendala dalam pengelolaannya yakni masih minim ketersediaan angkutan/ moda transportasi ke tempat wisata itu. Pihaknya, berharap pemerintah daerah dapat mengatasi persoalan tersebut sehingga desa wisata bisa banyak dikunjungi wisatawan. Meski begitu, Kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa pun dapat berbangga karena saat ini Pulau Koon di Gorom menjadi destinasi wisata yang sudah di promosikan oleh WWF Indonesia.

Kelilauw juga menambahkan, potensi desa wisata sangat besar. Baik wisata alam, maupun wisata buatan sudah mulai menyebar hampir di desa-desa di SBT. Bahkan, banyak desa yang mulai memanfaatkan potensi desanya karena memiliki keuikan sendiri.

“Banyaknya desa wisata ini harus dioptimalkan, agar bisa meningkatkan perekonomian warga,” tutup Kelilauw.

Senada dengan Kelilauw Abdul Rasyid Rumata seperti yang dirilis kompastimur.com menyampaikan di Kabupaten SBT selain memiliki sederetan pulau terindah, SBT juga memiliki aset pariwisata terbesar yakni Danau Soli yang puluhan tahun lalu selalu dikunjungi wisatawan manca Negara, dan telah menambah devisa bagi daerah.

Relokasi area wisata seperti Danau Soli, diperlukan perhatian serius, mulai dari sarana hingga kebersihan, keamanan dan kenyamanannya sebagai lokasi wisata.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Daerah SBT melalui Dinas Pariwisata dan dinas yang memiliki keterkaitan sudah harus berinovasi, sehingga SBT tidak harus kalah saing dengan Raja Ampat di Papua, Kuta Bali di Bali, Pantai Birra di Sulawesi Selatan, dan masih banyak lagi area wisata yang bisa dijadikan acuan.

“Dinas Pariwisata dan dan dinas lain yang memiliki keterikatan sudah harus beinovasi sehingga SBT tidak kalah saing dengan Daerah wisata lainnya,” harap Rumata.

Selain dari wisata pulau, pantai dan danau, ternyata SBT kaya dengan aset wisata, sebab daerah ini memiliki cagar budaya dari sisi sejarah tersendiri, memiliki adat, kesenian tradisional berupa tarian dan nyanyian tertentu (nagan).

Dinas Pariwisata diharapkan tidak duduk di tempat, tapi harus melakukan banyak kerja lapangan terkait hal ini agar kedepan Kabupaten SBT sudah harus dikenal karena wisata dan budayanya.**(Im)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!