Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Kolatlena Desak Pemkab Turun Tangan Tangani Ancaman Gagal Panen Tanaman Kelapa Warga Teor

Kolatlena Desak Pemkab Turun Tangan Tangani Ancaman Gagal Panen Tanaman Kelapa Warga Teor

Bula, Cengkepala.com – Ratusan hektar kebun kelapa di Kecamatan Teor Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terancam gagal panen. Hal itu terjadi seiring serangan hama jenis Siput Tosea (Tosea Maluccana) dalam 1 bulan terakhir ini.

Perihal terancam gagal panen tersebut, Alimudin Kolatlena, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten SBT meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT melalui Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan Kabupaten SBT agar secepatnya mengambil langkah pencegahan dan penanganan.

“Secepatnya dinas terkait mengambil langkah terhadap serangan Hama di Teor. Akan lebih parah dan tentu saja merugikan petani kelapa di kecamatan teor jika dinas terkait tidak segera turun tangan,” cetus politisi asal partai Gerindra itu saat dikonfirmasi cengkepala.com, Jumaat (13/04).

Ditambahkan, apalagi hama ini menyerang sebagian besar bahkan hampir semua tanaman kelapa di teor. Jika tidak secepatnya ada tindakan, maka masyarakat akan kepayahan dari sisi pendapatan. Kolatlena mengisyaraktkan, kelapa adalah tanaman nomor satu di teor dan menjadi penopang ekonomi tiap warga di kecamatan tersebut.

“Kondisi ini sudah sangat meresahkan masyarakat disana. Para petani kelapa sangat berharap langkah Pemda secepatnya,” desak Kolatlena.

Kolatlena yang diketahui fraksi Gerindra dapil Kecamatan Teor itu menjelaskan, siput tosea adalah sejenis hama yang menyerang pohon kelapa, terutama pada daun dan bunga mudanya. Kerusakan akibat hama yang mampu berakibat dengan cepat terhadap buah kelapa.

“Saya turun langsung atas permintaan dan keluhan masyarakat disana. Sebelumnya masyarakat menggunakan alat sederhana namun tidak tertangani, malah makin banyak dan membahayakan tanama kelapa. Selanjutnya, saya sudah berkoordinasi dengan dinas pertanian Perkebunan SBT, untuk mengambil langkah penanganan secepatnya,” cetus mantan Presiden Mahasiswa IAIN Ambon tersebut.*** (Im)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!