Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Komunitas Nagandadala Art & Culture Ramaikan Malam Hardiknas di Protokol SBT

Komunitas Nagandadala Art & Culture Ramaikan Malam Hardiknas di Protokol SBT

Bula, Cengekapala.com – Banyak hal yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Salah satunya yang dilakukan oleh sekumpulan anak muda kreatif di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang tergabung dalam komunitas Nagandadala Art & Culture dan Stater yang mempersembahkan sejumlah keterampilan dan  seni untuk meramaikan peringatan Hardiknas di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa itu, sekitar pukul 20.00 Wit Rabu malam, (02/05/18) di Jalan Protokol Kota Bula.

Pementasan seni yang mempertunjukan seni teater, monolog, music accoustic, stand up comedy, puisi dan musikalisasi puisi dengan mengangkat tema “Pena Bicara”. Pementasan sengaja digelar di lapangan terbuka, agar masyarakat Kota Bula dapat melihat langsung bagaimana anak muda kabupaten SBT yang tergabung dalam Nagandadala juga memiliki keinginan untuk memperingati Hardiknas.

“Untuk mengenalkan apa yang ada di Kabupaten kita yang mengangkat budaya kita dan adat kita dengan kreatif anak negeri yang ada di timur nusantara. Meskipun kegiatanya biasa saja, tapi kami bisa menampilkan bakat anak-anak dari timur Ita Wotu Nusa kami terlebih dalam peringatan Hardiknas tahun ini, ”ungkap Irma Rumbara salah satu pembaca puisi yang tergabung dalam Nagandadala usai pementasan seni digelar.

Tak ayal, pementasan ini menyedot perhatian masyarakat pengguna jalan protokol kota Bula. Bahkan, beberapa orang sengaja berhenti menyaksikan pementasan tersebut hingga usai. Pembacaan puisi, teater hingga musikalisasi puisi mewarnai peringatan Hardiknas tersebut.

Pentas seni ini yang di gelar oleh sekumpulan Nagandadala Culture & Art ini terdiri dari siswa SMA, Aktivis Muda, bahkan Guru. Tujuannya, untuk lebih mengenalkan budaya Nusantara di timur Indonesia di usia dini.

Selain untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan asli Indonesia khususnya Ita Wotu Nusa, para pemuda ini ingin mengasah potensi atau bakat terpendam yang dimiliki saat ini.

Senada dengan Irma, Koordinator Kegiatan Pentas Seni dan Sastra, Fathul Kwairumaratu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari menumbuhkembangkan jiwa seni dan sastra, yang dipelopori oleh komunitas Nagandadala Art dan Culture yang menampilkan pentas Puisi, Musik, dengan tujuan mengajak kawula muda yang ada di daerah ini untuk tetap berkarya dalam Dunia Seni dan Budaya.

“Acara ini merupakan ajang unjuk kreatifitas dari anak-anak muda di negeri bertajuk kebudayaan dan adat istiadat ini. Karena mereka banyak yang punya bakat menari, menyanyi, teater dan sebagainnya. Tapi mereka jarang tampil. Nah, melalui acara ini bakat mereka bisa kita asah dan kembangkan dan mengajak seluruh pemuda guna menumbuhkembangkan budaya yang hilang saat ini,” papar Kwairumaratu saat dikonfirmasi.

Dikatakan Kwairumaratu, Acara Hardiknas ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk mengapresiasikan kreativitas dan inovasinya untuk Indonesia khususnya di Kabupaten SBT yang optimal kedepan nantinya.

“Dengan diadakannya acara Hardiknas ini, kami akan tetap dapat mengoptimalkan dan mengoptimalkan penggunaan sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengapresiasikan inovasi dan kreativitasnya yang dimiliki saat ini dengan jiwa budayanya,” ujar Kwairumaratu.**(IM)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!