Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

KUA Kecamatan Kiandarat Gelar Rapat Koordinasi Pembinaan, Peningkatan SDM Penyuluh

KUA Kecamatan Kiandarat Gelar Rapat Koordinasi Pembinaan, Peningkatan SDM Penyuluh

Bula, cengkepala.com – Guna meningkatakan kualitas pencatatan dan pelaksanaan nikah sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kiandarat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar Rapat Koordinasi Pembinaan dan Peningkatan Kualitas SDM dengan Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala KUA Kiandarat Ikbal Kella di Aula Kantor Camat Kiandarat Rabu, (11/04).

Kepala KUA kiandarat Ikbal Kella, dalam arahan singkatnya mengatakan bahwa pelaksanaan rakor ini dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi P3N dan PAI yang ada di Kecamatan Kiandarat .

Kepala KUA Kiandarat, Ikbal Kella***

Kella juga menjelaskan bahwa P3N dan PAI mempuyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan, pengamalan dan membina kehidupan beragama umat di desa.

Dia mengharapkan agar P3N dan PAI sebagai tokoh panutan, tempat bertanya dan tempat mengadu bagi masyarakat harus bersinergi, saling membantu dan saling menukar informasi, juga diharapkan harus mampu memecahkan dan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi umat Islam. Apalagi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi komunikasi sekarang ini, maka tantangan yang dihadapi akan semakin berat.

Kella menegaskan agar P3N dan PAI untuk terus menggalakkan Program Kementerian Agama Gerakan Mengaji bagi staf kantor KUA Kecamatan Kiandarat dan bagi masyarakat, sehingga tidak ada lagi umat islam yang tidak pandai baca tulis Alquran, dan program lainya yang menjadi harapanya.

Selain itu mantan Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Seram Timur ini juga menyampaikan agar dalam menyampaikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tidak hanya menyampaikan materi tentang kehidupan akhirat dan dosa saja, tapi juga diharapkan dapat menyampaikan materi tentang penguatan ekonomi umat dan ekonomi syariah, pemberdayaan zakat, infaq dan shadaqah dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat muslim di kecamatan kiandarat.

Kella menambahkan agar setiap P3N dan PAI untuk melengkapi data keagamaan di desa masing masing, yang meliputi data umat beragama, rumah ibadah, tokoh agama (ulama, imam dan khatib) majelis taklim, guru mengaji, serta data muzakki dan mustahaq. Hal ini sangat penting dalam rangka penyusunan program dan kebijakan pembangunan umat beragama di Kecamatan Kiandarat.

Dikatakan Kella, Kegiatan yang menjadi program kementerian tersebut dapat memberikan manfaat bagi Imam dan P3N di kecamatan tersebut nantinya.** (Im)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!