Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

LSM Kalesang Maluku Wilayah SBT Imbau Masyarakat Waspada Bencana Alam

LSM Kalesang Maluku Wilayah SBT Imbau Masyarakat Waspada Bencana Alam

Bula, Cengkepala.com  – Ketua Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku (LKLM) Wilayah Seram Bagian Timur, Somad Rumbalifar imbau masyarakat khususnya masyarakat Kota Bula untuk waspada ketika memasuki musim hujan seperti saat ini, bahkan di musim seperti saat ini hujan disertai angin kencang sering terjadi walaupun belum berpotensi kearah bencana alam yang lebih parah.

Akibat tingginya curah hujan, Jembatan yang berada di Jalan Lintas Seram, Desa Kian, Kecamatan Kiandarat tersebut ambruk***

“Kepada masyarakat baik di kota Bula dan daerah lainya saya harap agar dapat berhati-hati, saat ini sudah memasuki musim penghujan dan musim timur. Kalau untuk para nelayan, saya rasa mereka sudah paham mengeni hal ini, karena nalurinya sebagai nelayan,” terang Rumbalifar, Kamis (05/07).

Melihat kondisi ini Rumbalifar juga mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten SBT untuk dapat menjaga lingkungan perkarangan rumah, khususnya disaluran pembuangan air, seperti parit-parit karena jika hujan deras turun dan parit-parit masih di penuhi sampah atau rerumputan maka laju air akan tertahan dan tergenang.

“Tidak lupa juga kita selalu mengingatkan kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersiahan di lingkungan sekitar rumah. Salah satunya dapat membersihkan selokan atau parit, yang dikawatirkan ketika hujan turun air yang ada tidak dapatmengalir,” ingatnya.

Ketua Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku (LKLM) Wilayah Seram Bagian Timur, Somad Rumbalifar**

Menurutnya, persiapan menghadapi musim hujan yang dilakukan warga kota Bula dan daerah lain di Kabupaten SBT antara lain dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga menyumbat saluran air.

Selain itu, lanjutnya, agar turut berpartisipasi dengan segera melaporkan kepada petugas dari Pemda setempat jika misalnya melihat ada pohon yang rawan tumbang, tanggul rawan jebol dan melihat kabel listrik yang membahayakan.

“Masyarakat atau lokasi yang sering kena banjir agar bersiap mengevakuasi diri, selain berkoordinasi dengan aparat setempat jika musim hujan itu menimbulkan banjir,” ujarnya.

Dia menjelaskan selama musim hujan, terutama saat puncaknya sekitar awal bulan ini, para pengendara di jalan agar selalu waspada dan berhati-hati untuk keselamatan diri dan orang lain, termasuk saat terjebak kemacetan lalu lintas.

Rumbalifar juga mengharapkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan dampak musim hujan yang lainnya, Pemkab SBT harus segera melakukan apel siaga sebagai bentuk tanggap bencana.

Menurutnya dengan dilakukan Apel siaga oleh Pemda SBT untuk memastikan kesiapan seluruh petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, serta semua dinas dan instansi terkait di lingkungan Pemda SBT.**(IM)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!