Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Mantan Jurnalis yang jadi Pengacara Menuai Kritik Kabid PWI Maluku

Mantan Jurnalis yang jadi Pengacara Menuai Kritik Kabid PWI Maluku

Ambon,Cengkepala.com – Mantan Jurnalis yang terjun menjadi Pengacara/Lawyer jika masih aktif dalam pemberitaan media dilarang keras untuk membuat berita yang menguntungkan pihak kliennya di pengadilan. Banyak pertimbangan dan terpenting mengedepankan kode etk jurnalis dalam meberitakan informasi publik. Lawyer’s yang masih aktif menulis di media massa sangat dilarang untuk membuat berita- berita yang subjektif.

Hal ini disampaikan ketua bidang daerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat saat di gedung PWI Maluku, jalan Said Perintah, Kota Ambon, pada Jumat (23/2).

De Pari Mengakui, saat ini banyak mantan wartawan yang terjun menjadi pengacara/lawyer, tetapi semestinya Mereka ( mantan Jurnalis) dalam membuat berita harus objektif, dan tidak berpihak kepada kepentingan kliennya, pasalnya jika mereka membuat berita yang tidak objektif maka akan menekan kepercayaan Masyarakat kepada lawyer tersebut.

Ditambahakan De Pari , lebih parah lagi jika oknum pengacara tersebut membuat pemberitaan yang subjektif dan menyerang institusi lain, maka seharusnya tidak dibolehkan, karena pemberitaan media harus mengedepankan cover both side dan harus berimbang.

“tidak boleh ada niat untuk menghujat yang lain, jikalau ada Masyarakat yang merasa dirugikan dengan pemberitaan mantan jurnalis tersebut maka dapat melapor ke Dewan Pers,” saran De Pari.

Untuk itu menurut De Pari, bagi wartawan yang meliput suatu sengketa kasus di medianya, maka pengacara yang harus diwawancarai adalah dari kedua belah pihak.

“Karena kalau hanya satu pihak pengacara saja yang diwawancarai maka syarat berita tidak masuk kriteria atau kaidah dan efekknya terkesan sepihak,” ungkapnya.

Sementara untuk pengurus PWI, tidak boleh menjabat atau menjadi pengurus di Partai Politik ataupun organisasi lainnya yang kiblatnya kepada Partai Politik.

“Saya ingin yang mengurus ini PWI, betul-betul wartawan sajalah profesinya. Saya banyak ditawarin untuk jabatan tertentu, tapi saya nggak mau, karena saya mencintai profesi ini,” pungkasnya. *** (Nick)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!
X