Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Menohok Komentar Kolatlena, Semua Pihak Diminta Seriusi Kondisi Pelayaran Wilayah Kesui, Watubela, dan Teor

Menohok Komentar Kolatlena, Semua Pihak Diminta Seriusi Kondisi Pelayaran Wilayah Kesui, Watubela, dan Teor

Ambon, cengkepala.com – Sejatinya kelancaran transportasi laut di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dapat memutus keterisolasian disejumlah kecamatan, termasuk kecamatan terujung di SBT, semisal kecamatan Teor. Semangat pembangunan, controling pun mestinya tidak setengah hati oleh sejumlah pihak. Bukan saja dari pihak pemerintah melainkan juga sejumlah LSM atau Lembaga Swasta Pemberdayaan dan lainnya yang mengaku aktif dalam mengawal kabupaten menuju kesejahteraan masyarakat yang seutuhnya sejahtera.

Hal ini disampaikan Alimudin Kolatlena, ketua frkasi partai Gerindra kabupaten SBT, Sabtu (14/04). Penyampaian Kolatelana merujuk pada kondisi pelayaran wilayah Kesui, Watubela, dan Teor yang hingga kini tampak memperihatinkan. Tak pelak, akibat kondisi dan pelayanan tidak maksimal keluhan warga Tiga kecamataan tersebut datang bertubi-tubi. Pelabuhan yang menjadi jalur sentral pelayaran antar wilayah tersebut benar-benar “mati” tanpa ada aktivitas seperti halnya pelabuhan pada umumnya.

“Kondisi ini sangat mempengaruhi masyarakat di 3 kecamatan ini dalam akses transportasi laut, lebih parah lagi kecamatan Teor yg terletak di wilayah paling ujung SBT,” ungkap Kolatlena kepada wartawan.

Dijelaskan, kebutuhan akses transportasi laut diwilayah tersebut sangat sulit. Akses menuju ke ibukota provinsi, kota Ambon harus melalui ibu kota kabupaten SBT, Bula. Itupun butuh berminggu-minggu dengan menelan biaya yang tidak sedikit.

Kolatlena mengakui, dirinya bersama organisasi pemuda/mahasiswa asal 3 Kecamatan sering tampil menyampaikan persoalan ini kepada Pemkab maupun Pemrov terkhusus dinas Perhubungan  tapi hingga kini  tidak terlihat progresnya.

“Akibat dari transportasi yang terhambat ini, bisa menimbulkan dampak yang kompleks,” tegas Kolatlena. Dirinya memislakan, termasuk pasokan sembako terherti dan harga jadi melambung karen para pedagang lokal kehabisan stok sembako.

Ditegaskan, kecamatan Teor masuk ketegori wilayah terjauh yang harus jadi prioritas untuk diperhatikan pemerintah. Program pemerintah pusat yang digalakan untuk membuka keterisolasian menghubungkan tiap pulau dengan akses transportasi laut melayari semua pulau tanpa terkecuali.

“Mestinya sudah dijemput dengan cepat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan kabupaten. Apalagi soal membuka keterisolasian sudah menjadi komitmen dari Pemprov dan pemda SBT,” tekan Kolatlena.

Penghujung keterangannya terhadap wartawan, Kolatlena meminta kepada Dinas Perhubungan baik kabupaten maupun provinsi agar bersinergi dan proaktif memperjuangkan masalah transportasi ini ke Pemerintah Pusat (Pempus).

“Bagaimana mau membangun Maluku dari laut kalo masyarakat naik kapal saja susah. Transportasi lumpuh efeknya kemana-mana, rakyat jadi susah. Sembako mahal, biaya lebih besar, anak sekolahan jadi susah karen tak kunjung dapat kiriman sagu dari kampung,” cetus Kolatlena menutup keterangan persnya.

Pengakuan tidak aktifnya pelayaran wilayah tiga kecamatan tersebut juga dibenarkan masyarakat setempat. Ridwan (36) salah satu warga Tanah Baru kecamatan Kesui (Identitas ditangan redaksi), menyatakan sudah lebih dari 4 bulan terkahir kapal perintis yang melayari serta menyinggahi pelabuhan sama sekali lumpuh total. Dirinya mengakui terdapat kapal KM. Malole yang aktif namun rute kapal tersebut sangat jauh dan membutuhkan waktu bermingu-minggu.

“Ada kapal perintis namun sudah lebih darii 4 bulan ini kapal perintis tidak masuk. Kami kesulitan,” terang dia saat diwawancarai cengkepala.com Rabu 11 April 2018 lalu. Dirinya berharap pemerintah serius memperhatikan kondisi trnsportasi diwilayah yang ada.

Hingga berita ini dilansir cengkepala.com, otoritas Provinsi Maluku dalam hal ini Dinas Perhubungan belum berhasil dikonfirmasi perihal lumpuhnya aktifitas pelayaran di tiga kecamatan itu.** (IM)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!