Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Panwaslu Aru Gelar BIMTEK Penanganan dan Pelanggaran Pemilu

Panwaslu Aru Gelar BIMTEK Penanganan dan Pelanggaran Pemilu

Dobo, cengkepala.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Aru mengelar Bimbingan Tenknis (Bimtek) Penanganan Pelanggaran Pemilu bagi Panwas Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Aru di Aula Penginapan Suasana Baru , Dobo  Kamis (19/04).

Ketua Panwaslu Kabupaten Kepulauan Aru, Amran Bugis, SE, saat dikonfirmasi sejumalah wartawan di sela-sela makan siang mengatakan, Bimtek yang dilakukan tentunya berdasarkan pada amanat Undang-Undang Pemilu dan peraturan-peraturan Bawaslu serta peraturan-peraturan KPU tentang penanganan dan pelanggaran pemilu sehingga diharapkan Panitia Pengawas Pemilu mampu menangani pelanggaran-pelanggaran pemilu yang terjadi.

“Jadi Bimtek yang kami lakukan hari ini terkait penanganan dan pelanggaran pemilu, ini diamanatkan dalam Undang-Undang, maupun dari Bawaslu dan KPU tentang pelanggaran sehingga diharapkan panitia pengawas dapat menangani pelanggaran, “jelas Amran.

Dikatakan, proses pemilu sudah hampir tiba dipenghujung, yaitu tahapan kampanye dan pungut hitung yang tentunya rentang terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan baik itu dari peserta maupun tim sukses sehingga perlu dibekali semua Panitia Pengawas Pemilu pada tingkat Kecamatan (Panwascam) agar ketika ada pelanggaran-pelanggaran yg dilakukan dalam proses pemilu, pihak mereka suda siap untuk melakukan penanganan maupun proses-proses yang lain.

Kendati demikian, Amran mengaku, prinsip dari Bawaslu sendiri lebih mengutamakan hal-hal preventif yaitu pencegahan dari pada penindakan.

Dia mengucapkan syukur allhamdulila karena mungkin lewat kiat-kiat atau pencegahan-pencegahan sejak dini yang dilakukan pihak mereka sehingga selama tahapan pemilihan kepala daerah ini berlangsung dari awal hingga saat ini, belum ada pelanggaran-pelanggaran pemilu yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Kita tidak tahu kedepannya, karena hampir disemua Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku telah terjadi pelanggaran pemilu, namun sejauh ini di Kabupaten Kepulauan Aru belum terjadi pelanggaran pemilu yang ditangani oleh kami dari pihak Panwas,” katanya.

Terkait kewenangan-kewenangan Panitia Pengawas Pemilu tingkat kecamatan dalam hal penanganan pelanggaran, Amran mengaku bahwa, Panwascam memiliki kewenangan untuk menangani secara langsung pelanggaran-pelanggaran pemilu yang terjadi ditingkat kecamatan, selagi potensi pelanggaran tersebut masih bisa dimediasi penyelesaiannya antara pihak-pihak terkait, namun jika potensi pelanggaran tersebut tidak mampu diselesaikan pada tingkat kecamatan, maka tentunya akan ditindaklanjutkan ke Panwaslu Kabupaten.

Sisi lain, Amran mengaku, pada beberapa hari lalu ada terjadi pelanggaran kecil yang dilakukan oleh 3 pasangan calon Gubernur yaitu pemasangan alat peraga kampanye pada areah-areah terlarang di Kota Dobo, tetapi Panwaslu Aru bersama-sama dengan instansi-instansi terkait, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) telah melakukan upayah-upayah penertiban.** (Nus)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!