Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Pattipeilohy Tegaskan Pentingnya Kontrak Kerja Perusahan dan Karyawan

Pattipeilohy Tegaskan Pentingnya Kontrak Kerja Perusahan dan Karyawan

Cengkepala.com – Anggota komisi satu DPRD Kota Ambon, Juliana Pattipeilohy menyoroti pentingya melakukan kontrak kontrak kerja antara Pengusaha dan Pekerja. Pasalnya jika perusahaan dan pekerja melakukan kontrak kerja sejak awal, maka pertikaian kedua belah pihak tidak mungkin terjadi, karena segala aturan pekerjaan telah diatur dengan kontrak kerja sama.

Pattipeilohy menerangkan, dalam UUD No 13 Tahun 2003 sudah menjelaskan bahwa, jika sudah ada aturan kesepakatan-kesepakatan dalam kontrak kerja maka tidak mungkin ada lagi persoalan PHK dan persoalan tidak dibayarkan gaji karyawan, karena semuanya sudah diatur.

“Mulai dari THR, sampai cuti, semuanya diatur dalam kontrak kerja,” tandasnya.

Kontrak kerja adalah aturan yang mengikat kedua belah pihak, bukan keinginan sepihak dari Perusahaan ataupun Pekerjaa, Pattipeilohy mencontohkan misalnya untuk PNS terikat dengan Surat Kepetusan (SK) PNS, makannya Pekerja dan Perusahaan harus terikat dengan kontrak kerja supaya hak dan kewajiban kedua belah pihak lebih jelas.

Kinerja Disnaker Kota Ambon juga dikritisinya, karena tidak pernah melakukan sosialisasi yang optimal terhadap pihak-pihak perusahaan.

Sebelumnya, salah satu Korban Pemutusan Hubungan Kerja, ( PHK) Jems Patty yang bekerja selama 18 Tahun di Perusahaan (Jakarta Baru Grup ) mengadu ke DPRD Kota Ambon. pasalnya, Ia bersama teman-temannya tidak diberikan gaji selama tiga bulan.

Patty menyatakan, dirinya siap di PHK namun Perusahaan harus memenuhi kewajibannya dengan membayar gaji serta pesangon, sesuai dengan Undang-Undang dan aturan yang berlaku, yakni Undang-undang No 13 Tahun 2003 Tentang Putusan Hubungan Kerja (PHK), pasal 151 Dan 152.

Terkait persoalan ini, sebelumnya pihak DPRD Kota Ambon pernah mengunjungi Perusahaan Jakarta Baru Group di Jalan Rijali, dalam kunjungannya Perusahaan kontraktor tersebut menjanjikan untuk membayar gaji karyawannya dalam rentang waktu satu sampai dua Minggu, namun kenyataannya janji perusahaan itu tak kunjung direalisasikani.

“Tadi saat mediasi, pihak DPRD telah mengultimatum Perusahaan untuk membayar gaji Saya pada Rabu depan, (5/9)”ujar James Patty pada wartawan saat diwawancarai di halaman Kantor DPRD Kota Ambon,Belakang Soya.*** Nick

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!