Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Pemkab SBT Bersama BPKP Gelar Workshop Keuangan Desa

Pemkab SBT Bersama BPKP Gelar Workshop Keuangan Desa

Bula, Cengkepala.com – Memperlancar sistem keuangan yang ada di Desa, Pemerintah Kabupaten Seram Bagan Timur dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Seram Bagian Timur bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku melakukan Workshop kepada Camat dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Seram Bagian Timur.

Workshop Hasil Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang diselenggarakan di aula gedung Kesehatan, Rabu (26/9) ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan Siskeudes di Kabupaten Seram Bagian Timur selama pengelolaan keuanga desa.

Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya sekaligus membuka workshop mengatakan, workshop sistem keuangan desa yang digelar hari ini hadir untuk meningkatkan kualitas sistem pengelolaan keuangan desa. Sistem ini akan mengantar saudara saudara aparatur pemerintahan desa untuk menuju tata kelola keuangan yang bersih, trasnparan dan akuntabel.

Melalui dana desa terdapat percepatan pembangunan desa dengan munculnya berbagai inovasi pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat sebagaimana dipersyaratkan dalam pengelolaan dana tersebut.

Namun dibalik cerita sukses kata Keliobas, pengelolaan dana desa tersebut beberapa kasus hukum mahalan menimpa beberapa kepala desa yang terindikasi menyalagunakan kewenangannya, tentunya ini adalah hal yang tidak kita harapkan terjadi. Selain itu, Keliobas juga berpesan kepada aparatur pemerintah desa terutama nanti yang akan berfungsi sebagai operator dalam menjalankan aplikasi sistem keuangan desa agar mengikuti workshop atau pelatihan ini dengan baik.

“Ajukan pertayaan jika ada penjelasan yang masih disarankan kurang jelas, jadikan moment ini sebagai tempat menimba ilmu karena pada kesempatann ini hadir para ahli dan pakar dalam bidang penatausahaan, pengelolaan, pelaporan dan pertanggungjawaban dana desa” pesanya.

Bupati berharap pelatihan ini kedepan tidak ada lagi laporan bahwa ada kepala desa yang bermasalah karena penggunaan dana desa yang tidak transparan dan tidak bertanggungjawab sehingga harus berhubungan dengan proses hukum.

“kepada kepala desa dan aparatur desa agar yang mengikuti workshop ini agar dapat memahami tugas pokok dan masing-masing terus belajar memahami setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tingkatkan kemampuan perangkat pemerintah desa dan aparatur desa agar senantiasa mampu memberikan pelayanan secara efektif sesuai tuntutan masyarakat” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Seram Bagian Timur, Jafar Kwairumaratu sebagai Moderator dalam Workshop tersebut memperkenalkan keempat narasumber yaitu, Edison Betaubun, Anggota komisi 11 DPR RI, Adi Gunawan, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I BPKP, Lukman Rudianto Lubantobing, Kepala Sub Direektorat II BPK Maluku, Kompol Gerard Wattimena Kepala Unit l Subdit Tipikor Reskrimsus Polda Maluku.

Ke empat narasumber tersebut secara bergantian menyampaikan materi yaitu Implementasi Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa untuk Kesejahteraan Rakyat, Pemeriksaan BPK atas Pengelolaan Dana Desa, Pengawalan Akutabilitas Keuangan Desa, serta Peran Polri Dalam Mengawal Pembangunan Desa. Kegiatan workshop di ikuti oleh seluruh Camat dan Kepala Desa serta Pendamping Desa di Kabupaten SBT.** IM

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!