Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Perihal Kesehatan Ekonomi 92 Desa di SBB, Pemkab – BPKP Gelar Pelatihan

Perihal Kesehatan Ekonomi 92 Desa di SBB, Pemkab – BPKP Gelar Pelatihan

Piru, cengkepala.com – Meningkatkan kesehatan ekonomi 92 desa, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) gandeng Badan Pememeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku menggelar pelatihan hasil evaluasi sistim keungan desa dalam tata kelola keungan desa.

Giat yang dihadiri sejumlah pejabat teras kabupaten bertajup Saka Mese Nusa itu beralngsung di Ruang Rapat Kantor Bupati SBB, Senin (24/09).

Sekrtaris Daerah (Sekda) SBB, Mansur Tuharea merincikan jumlah desa di kabupaten SBB lengkap dengan dusun dan jumlah keluarga kategori ekonomi di bawah rata-rata.

Diakui Sekda, jumlah penduduk miskin di kabupaten SBB berkisar 20.227 jiwa pada tahun 2018 dan tahun 2017, penduduk miskinnya  21.563. Artinya ada penurunan yang cukup signifikan.

“Total Jumlah penduduk dikabupaten SBB sebanyak 170.023 jiwa,” terang Sekda.

Tuherea menjelaskan, dari hitung hitungan berdasar dapat ditemui adanya pengurangan jumlah penduduk miskin sebanyak 1.336 atau sebesar 6,19  persen dari tahun sebelumnya.

Hal itu menurut Tuharea menunjukan upaya pemerintah pusat dan daerah untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan warga  di daerahnya berhasil. Salah satunya dengan penyaluran dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Menyoal pelatihan yang digelar tersebut, Tuharea mengatakan pihaknya sungguh memeberikan apresiasi.

“Pelatihan yang di lakukan ini  untuk memahami sistem aplikasi  keuangan desa (Siskeudes),” ungkapnya.

Ditambahkan Sekda, semua desa di SBB telah menggunakan aplikasi Siskeudes. Dalam pentahapannya, pemerintah daerah SBB selalu menggelar Bimtek pengoperasian aplikasi Siskeudes ini dari tahun 2016, 2017 hingga 2018.

Pantuan cengkepala.com, selain Sekda SBB Mansur Tuharea, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I Adi Gemawan, Kepala Unit l Subdit Tipikor Reskrimsus Polda Maluku, Kompol Gerard Wattimena, Kepala Subaditoriat II  Lukman Rudianto Lumbantobing, anggota DPR RI Edison Betaubun, Wakapolres SBB Kompol Bachri Hehanussa, Kepala OPD, camat dan seluruh kepala desa se-Kabupaten SBB.*** DK

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!