Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Pertama di Maluku, Festival Literasi Sekaligus Dekarasi RBI ke-43 Selagur Air SBT Jadi Target KKAB

Pertama di Maluku, Festival Literasi Sekaligus Dekarasi RBI ke-43 Selagur Air SBT Jadi Target KKAB

Bula, cengkepala.com – Lembaga Nanaku Maluku bekerja sama dengan Komunitas Kami Anak Bangsa (KKAB) gelar Festival Literasi di desa Adm. Salagur Air kecamatan Siritaun Wida Timur, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Festival dengan usungan tema nyalakan mimpi anak-anak pesisir itu sekaligus deklarasi Ruma Baca Indonesia (RBI) yang ke 43 oleh KKAB.

Ketua Lembaga Nanaku Maluku, Usman Bugis kepada media ini menjelaskan, kegiatan tersebut digelar bersama atas sinergitas program Nanaku dan KKAB. Hasil koordinasi sesuai tema yang diusung maka dipilihlah lokasi RBI ke 43 tersebut. “Maka kami sepakati deklarasi RBI ke-43 sekligus festival literasi digelar di Salagur Air,” ungkap Bugis, Minggu (12/05).

Dijelaskan singkat, KKAB adalah sekumpulan generasi-generasi penerus bangsa Indonesia yang membawa toleransi ke-bhinneka-an dan keragaman sebagai elemen membangun dan memajukan dari berbagai segi baik sosial, ekonomi bahkan pendidikan lintas daerah di Indonesia. Komunitas KKAB bermarkas besar di Jakarta Barat dan tersebar jaringannya di seluruh Indoensia bahkan internasional.

Tampak ketua Lembaga Nanaku Maluku, Usman Bugis, (Batik)**

“Komonitas Kami Anak Bangsa (KKAB) adalah salah satu komonitas internasional yang bergerak pada pendidikan nonformal anak-anak. Untuk Maluku, KKAB masuk melalui sinergitas program dengan Lembaga Nanaku,” akui Bugis.

Bugis menjelaskan, lewat Festival Literasi KKAB resmi membukan Ruma Baca Indonesia (RBI) yang ke 43 Indonesia untuk Maluku. Festival yang digelar pada 10 Mei 2018 tersebut disugukan sejumlah mata agenda diantaranya, Sharing pendidikan, Nonton Bareng (Nobar) Pendidikan, Game Edution, Share Natural Education, Penanama Pohon, Shering Menajeman Pengelolaan Ekonomi Rumah tangga, Pentas Seni dan Tata Cara Pengelola Perpustakaan Pesisir.

“Sejumlah rangkaian kegiatan tersebut digelar dan sangat maksimal. Pesan yang disampikan tersebut langsung ke masyarakat dan anak anak didik di desa Salagur Air,” pungkas Bugis.

Sementara itu, Alimudin Kolatlena, anggota DPRD Kabupaten SBT yang berkesempatan hadir memberikan apresiasi atas terselanggaranya kegiatan tersebut. Tidak dengan tangan kosong, frkasi partai Gerindra itu   berbekal satu kardus buku yang merupakan koleksinya disumbangkan menambah koleksi pada rumah baca yang baru di deklarasikan tersebut.

Alimudin Kolatlena dalam acara festival literasi**

“Di kesempatan ini kami dari GMP juga mendonasikan 1 kardus Buku kepada adik-adik Taman Baca Selagur yang baru saja di bentuk sebagai wujud dari apresiasi kami terhadap pengembangan literasi di SBT umumnya dan khususnya adik-adik sebagai generasi penerus di Desa Adm. Selagur,” ungkap Kolatlena.

Kolatlena berjanji akan menyebut rumah baca Selagur Air walau sekali dalam proses-prosesnya di parlemen kabupaten bertajut Ita Wotu Nusa itu.

Festival Literasi sekaligus deklarasi RBI ke-43 dihadiri sejumlah tokoh masyarakat se-kecamatan Siritaun Wida Timur, sejumlah perwakilan KKAB dari jakarta. Turut hadir, ketua anggota komisi D DPRD Provinsi Maluku membidangi pendidikan, kesehatan, Saadia Uluputih yang diundang sebagai pembicara.** (Im)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!