Cengkepala

Pj Sekda MBD Buka Bimtek Platform Digital Bagi Guru

Tiakur, CENGKEPALA.COM – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) , Daud Remialy  membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Platform Digital dan Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik. Yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) MBD, di Aula Penginapan Golden Nusantara, Tiakur, pada Kamis (11/7/2024).

Bupati MBD lewat sambutannya, yang dibacakan Pj Sekda mengatakana, Bupati menekankan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MBD agar dapat bersaing dengan daerah lain.

“Sinergitas dan kolaborasi antara guru sangat dibutuhkan untuk mencetak generasi yang unggul dan berkarakter. Guru diharapkan melaksanakan tugas dengan baik, serta mampu mengelola sekolah secara optimal,” ucap Remialy.

Dikatannya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menjalin sinergi dengan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan platform Merdeka Mengajar di setiap satuan pendidikan. Diharapkan, sinergi ini mampu memberikan pemahaman yang utuh tentang Kurikulum Merdeka, sehingga menghindari miskonsepsi di kalangan pendidik.

Selain itu katanya, dukungan kuat pemerintah daerah terlihat melalui penyelenggaraan bimtek ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan platform digital. Platform digital kini menjadi kebutuhan utama bagi pengembangan kompetensi guru, seiring dengan perkembangan dunia yang semakin kompleks. “Guru dituntut untuk beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi dengan sesama guru untuk memperkaya kemampuan merek,”ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Abdon Jermias selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada guru untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pengetahuan tambahan dalam pemanfaatan teknologi digital menjadi penting untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa.”katanya.

“Kegiatan BIMTEK ini diikuti oleh 174 peserta dari 58 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten MBD, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, dan guru bantu. Narasumber yang hadir adalah fasilitator nasional dari Balai Guru Penggerak Provinsi Maluku. Acara ini berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 11 hingga 15 Juli 2024, dan dibiayai oleh DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2024,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para guru mampu menggali potensi dan kompetensi diri, serta berkolaborasi antar guru, sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten MBD dapat meningkat dan sejajar dengan daerah lain di Provinsi Maluku maupun di seluruh Indonesia.(CP-01)

Views: 1