Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Pramuka Kwarcab SBT Paparkan Agenda Kemah Budaya 2018 

Pramuka Kwarcab SBT Paparkan Agenda Kemah Budaya 2018 

Bula, cengkepala.com – Dalam rangka menyambut Kemah Budaya Tahun 2018, Kwartir Cabang (Kwarcab) Seram Bagian Timur gelar konferensi pers Senin (13/8/2018) di Sekertariat Kemah Budaya 2018, Jalan Wailola Kecil Kota Bula.

Jumpa pers dipimpin ketua kwartir cabang SBT, Fachri Husni Alkatiri.** Foto/Im

Pada konferensi pers dipaparkan tentang detail acara yang akan diselenggarakan mulai 28 Agustus mendatang.

Kemah Budaya merupakan program internalisasi yang berisi dalam bentuk kegiatan kepramukaan yang menitikberatkan pada upaya pengenalan, penguatan, dan pengembangan di antara generasi muda.

Pada tahun 2018 ini, Kemah Budaya pertama kalinya digelar pada 27 Agustus s/d 02 September 2018 di Bumi Perkemahan Pantai Gumumae, Kabupaten SBT, Provinsi Maluku. Kemah Budaya Cabang yang ke-1 ini bertema “Negeriku Ita Wotu Nusa Negeri Para Raja Kaya Budaya Berjiwa Patriot Mempertegas Jati Diri Sebagai Generasi Penerus Bangsa”.

Ketua Kwartir Cabang Seram Bagian Timur Fachri Husni Alkatiry menyampaikan, kemah budaya cabang yang diselenggarakan yakni menceritakan pengembangan budaya dan jiwa patriot pada generasi muda yang terlibat dalam gerakan pramuka khususnya pemuda yang ada di Kabupaten SBT.

“Jadi gerakan pramuka inikan gerakan yang menitip beratkan pendidikan karakter karena itu dalam semua aktifitasnya yang di jadikan sebagai karakter-karakter poaitif yang bisa di tumbuh kembangkan pada diri anak-anak kita yang aktif di pramuka,” kata Alkatiri.

Dikatakan Alkatiry, Kemah budaya yang di selenggarakan difokuskan pada pada salah satu bagian yang menjadi titik utama dari kegiata kemah budaya tersebut, yang menjadi sorotan adalah penguatan pada nilai-nilai patriotisme pada diri anak muda.

“Cerita tentang nilai patriotisme itu kita bicara tentang nilai keberanian, kejujuran semangat membela kebenaran dan membantu sesama yang sudah terkafer dalam sub tema kegiatan kemah budaya ini,” pungkas Alkatiry.

Sejumlah wartawan biro SBT saat mengikuti konfrensi pers Kwarcab Parmuka SBT.** foto/istimewa

Lanjut Alkatiri, Peserta kemah budaya yang digelar tersebut diambil peserta dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten SBT, dengan jumlah peserta sekitar 240 orang.

“Dengan berkumpulnya anak-anak kita dari seluruh kecamatan diharapkan akan ada sharing informasi, tukar pengalaman dan juga memupuk semangat persatuan di kalangan generasi muda lebih khusus anak-anak kita yang terlibat dalam gerakan pramuka,” harap Alkatiri.

Kegiatan tersebut dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten SBT yang sudah dilibatkan dalam anggaran Gerakan Pramuka Kwarcab Seram Bagian Timur.

Persiapan lokasi kegiatan kemah budaya cabang tersebut sudah 75% baik persiapan peserta dari kecamatan dan juga tenda-tenda kegiatan seperti tempat ibadah dan lain sebagainya sudah di siapkan oleh panitia kemah budaya

Sementara itu Ketua Panitia Kemah Budaya Cabang Tahun 2018 Usman Keliobas dalam konferensi pers tersebut menyampaikan, Dalam kemah budaya yang dilaksanakan panitia mengambil maskot Ikan Julung dengan berpakaian pramuka, dikarenakan pusat ikan julung terbesar di Maluku terdapat di wilayah Kabupaten SBT, yang menjadi ciri khas dan penghasilan utama masyarakat di pesisir Bumi Ita Wotu Nusa.

“Kegiatan ini ada 240 peserta penggalang dari 15 kecamatan dan ditambah dengan 32 propinas hingga total 272 peserta,” terang Keliobas.

Kata Dia, Waktu pelaksanaan kemah budaya tersebut pada tanggal 27 Agustus sampai dengan tanggal 02 September 2018, bertempat di Pantai Gumumae Bula Kabupaten SBT.

Kemah Budaya yang dilaksanakan akan dilibatkan semua unsur yang ada di lingkup Pemerintahan Kabupaten SBT, dilanjutkan dengan jumpa tokoh yang ada di negeri budaya itu.

Dikatakan Keliobas tokoh tersebut yakni Bupati SBT, Wakil Bupati SBT, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten SBT, dan tokoh lainya guna memotifasi para generasi muda yang ikut dalam kemah budaya tahun ini dilanjutkan dengan pentas senibudaya.

“Selain upacara pembukaan dan jumpa tokoh ada juga lomba budaya yang diceritakan budaya-budaya dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten SBT, Dialog dan Diskusi, Tapak Tilas, Karnaval Budaya, Pemutaran Film, Seni Kriya, Malam Hiburan, serta kegitan penutupan dan Scout Expo Gumumae,” tutup Keliobas.

Konferensi Pers tersebut dihadiri Ketua Kwarcab Seram Bagian Timur, Ketua Panitia, Sekertaris Panitia dan seluruh media yang ada di Kabupaten baik TV, Cetak, maupun media On Line.** IM

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!