Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Pulau Osi, Objek Wisata Andalan di SBB, Ini Sisi Menariknya

Pulau Osi, Objek Wisata Andalan di SBB, Ini Sisi Menariknya

Cengkepala.com, Ambon – Pulau Osi berada tepat di Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku. Pulau kecil terpisah dengan daratan pulau seram ini menyimpan keindahan alam yang patut dikunjungi.

Jembatan kayu ikonik membentang panjang menjadi jalur utama menghubungkan daratan sampai ke pulau Osi. Jalur ini hanya bisa dilewati transportasi kenderaan roda dua, bila anda ingin menjamah keindahan hamparan mangrove disepanjang jalur jembatan anda juga bisa memilih berjalan kaki karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Ada tiga buah pulau berbeda yang terhubung dengan jembatan kayu hingga akhirnya sampai di Pulau Osi, masing-masing menawarkan panorama alam yang memukau. Keindahan alamnya yang mempesona tak salah jika pulau Osi selalu dipilih jadi tempat favorit bagi warga di kabupaten bertajuk Saka Mese Nusa itu menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dan orang terkasih.

Keindahan alam Taman Laut di sekitar pulau Osi memang tak ada habisnya untuk dieksplor. Suasana alamnya yang natural menjadikan Pulau ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Beberapa penginapan dan resort pun tersedia di sekitar Pulau Osi dan menyediakan fasilitas menginap yang cukup menarik bagi para wisatawan.

Indahnya alam bawah laut Pulau Osi bukan hanya isapan jempol semata, dari jembatan maupun dermaga di sekitar Pulau Osi pun anda sudah dapat melihat langsung keindahannya tanpa harus turun langsung ke dalam air.

Bagi anda wisatawan diluar dari pulau Seram, anda bisa sampai di pulau Osi dengan melakukan penyebrangan menggunakan kapal Ferry dari pulau Ambon tepatnya dermaga ferry Hunimua menuju dermaga ferry Waipirit Seram Bagian Barat. Kemudia perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kenderaan darat kurang lebih selama 3 jam menuju Pulau Osi.

Karena daratannnya terpisah dengan pulau Seram, anda yang menggunakan kendaraan mobil  hanya dapat sampai satu Desa yang bernama Pelita Jaya di pesisir Pulau Seram, selanjutnya anda menggunakan ojek atau berjalan kaki hingga sampai di Pulau Osi.

Pulau Osi memang belum sepopuler Pantai Ora atau Pulau Banda, namun keindahan pulau ini merupakan potensi besar untuk terus dikembangkan hingga suatu saat nanti Pulau Osi akan menjadi tujuan utama wisata Pulau di Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

Pulau Osi hanya memiliki luas sekitar 9 Ha dengan panjang 600 meter dan lebar 200 meter saja. Pulau ini memiliki penghuni kurang lebih sebanyak 100 Kepala Keluarga yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan. Penduduk pulau ini didominasi oleh para pendatang yang berasal dari Sulawesi Tenggara dan umumnya mereka sudah hidup puluhan tahun serta memiliki beberapa generasi di Pulau Osi. Walaupun demikian, para penduduk asli Sulawesi ini kurang suka bila dikatakan berasal dari Sulawesi, mereka lebih senang bila kami menyebut mereka sebagai penduduk asli Pulau Osi.(CP)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!