Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Ratusan Masyarakat SBB Ikut Pemeriksaan Kesehatan Gratis, 34 Diantaranya Siap Operasi

Ratusan Masyarakat SBB Ikut Pemeriksaan Kesehatan Gratis, 34 Diantaranya Siap Operasi

Piru, Cengkepala.com – Ratusan masyarakat desa Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) teridentifikasi mengidapk penyakit kAtarak. Hal ini diketahui setelah digelarnya bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis oleh Kodim /1502/Masohi di Gedung Hatu Telu desa Piru, Kamis (08/03).

Kepada cengkepala.com Danramil 1502/Masohi, Kapten Ato Laturake menyatakan, sebnayak 120 warga desa piru yang mengikuti pemeriksaan gratis katarak. 34 diataranya positif mengidap katarak dan akan di berangkatakan ke Ambon untuk menjalani operasi di Rumah sakit Tentara (RST) TKT II Ambon.

“Akan diberangkatkan pada Jumaat 09 Maret 2018  (hari ini) untuk menjalani Operasi Katarak di RST TKT II Ambon,” ungkap Laturake.

Dia menjelaskan, dari sekian banyak pasien yang teridentifikasi, didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari masing-masing desa se-kabupaten SBB. Selanjutnya yang mengikuti Scerning sebanyak 120 orang pasien.

“Kegiatan sosial ini merupakan pemeriksaan dan mengidentifikasi penyakit Katarak Lanjutan agenda Kodam XVI/Patimura, untuk wilayah Kodim1502/Masohi,” sebutnya.

Dalam pelaksanaannya, Lanjutnya, pemeriksaan kesehatan gratis khusus Katarak melibatkan tim dokter dari Walubi, atau tenaga relawan dokter dari berbagai negara. Relawan dokter dari berbagai negara tersebut diantaranya, Alland Dharmawan (Jakarta), Wei yee Teoh (Malasia), Sabta Ang (Surabaya) Ramsing (Nepal) Rama (Nepal).

Sementara itu, riis resmi yang diterima media ini melalui pesan singakat WhathApp , Tim Dokter Walubi mengatakan, sebetulnya banyak pasien di SBB yang terindikasi matanya mengalami Katarak. Selain itu pula, banyak pula yang telah dinyatakan postif katarak namun besresiko untuk operasi karena sebagaian dari para pasien mengalami sakit diabetes dan darah tinggi.

“Maka dari 120 yang ikut Screning hanya 34 orang yang dibolehkan Operasi. Selebihnya tidak dapat ditindak lanjuti karena beresiko tinggi,” tulis tim dokter dalam pesan tersebut.

Pantauan media ini, turut hadir dalam agenda pemeriksaan gratis, Perwira Penghubung (Pabung) SBB Mayor Inf H.J.O. Habeahaan, Danramil 1502/07 Piru, Kapten Ato Laturake, Danramil Kairatu 1502/08 Kapten Inf Bambang, Danramil Taniwel 1502/06 Kapten Niko Sambe dan sejumlah relawan medis yang tergabung dari beberapa Negara.** (DK)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!