Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Refleksi 1 Tahun Perjuangan #SaveKilmury, Kesenjangan Sosial-Ekonomi Tak Luput Dari Corong Orator

Refleksi 1 Tahun Perjuangan #SaveKilmury, Kesenjangan Sosial-Ekonomi Tak Luput Dari Corong Orator

Ambon, cengkepala.com – Gendang suda dibunyikan dari jauh tempo. Tepat Selasa 27  Maret telah memasuki 1 tahun perjunagan #SaveKilmury. Sejumlah pemuda yang tergabung dari berbagai latar belakang OKP/OKPI  hingga turut  serta sejumlah LSM di Maluku menggelar aksi refleksi 1 tahun itu  dengan cara turun jalan.

Tak pelak, sejumlah isu strategis diangkat dalam aksi yang digelar di dua titik di kota Ambon tersebut. Selain isu utama selamatkan kilmury dari keterisolasian, hal terkait kondisi Maluku dari kesenjangan soaial hingga pencemaran Lingkungan pun tak luput dari corong para orator.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini hingga Rabu (28/03), LSM yang tergabung dalam aksi tersebut diantaranya, LSM Nanaku Maluku, LSM Kalesang, Forum Anak Nusaina Maluku dan lebih dari lima OKP/OKPI ambil bagian didalmnya.

Usman Bugis Koordinator Lapangan (Korlap) kepada media ini, Kamis (28/03) menyatakan bukan saja isu Kilmury yang diangkat melainkan beberapa isu yang dinilai strategis yang dihadapi provinsi saat ini.

“Melalui orator, poin-poin tuntutan disampaikan diantaranya, segera percepat pembangunan di Kilmury, penanganan masalah limbah merkuri di gunung Botak dengan serius, jangan bagi hasil Blok Masela dengan NTT, Otsus Maluku dan Bangun UMKM bagi masyarakat di sekitar Blok Masela,” rinci Bugis.

Sementara itu, Arman Kalean koordinator #SaveKilmury saat dimintai keterangan, menambahkan akan ada aksi susulan yang lebih terencana, perjuangan belum berkahir sampai ada kejelasan pembangunan Kilmury yang terukur.

Lebih jauh Kalean menambahkan, masalah pembangunan di Maluku harus serius ditanggapi. Jangan sampai hanya dipolitisasi hanya menjelang pilkada, bahkan bisa saja isu ketertinggalan pembangunan digiring ke separatisme oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Masalah pembangunan di Maluku harus serius ditanggapi. Jangan sampai hanya dipolitisasi hanya menjelang pilkada, bahkan bisa saja isu ketertinggalan pembangunan digiring ke separatisme oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” tegasnya lagi.

Kalean yang juga diketahui, sebagai wakil ketua Perencanaan dan Pembangunan Daerah di DPD KNPI Maluku, mendesak agar Musrembang Provinsi Maluku berikutnya harus di Kilmury.

Rencananya dari atas kapal perang milik TNI AL, biar semua pihak bisa melihat bagaimana realitas di sana tanpa pelabuhan, tanpa listrik, tanpa tenaga kesehatan dan pendidikan yg memadai, dan tanpa pasar rakyat.

Aksi 1 Tahun perjuangan Kilmury tersebut pula dihadiri Raja Muda Kilmury, Ibrahim Kwairumaratu yang mana memaparkan kondisi terkini di Kilmury.

“Kilmury harus segera dibuka keterisolasiannya, semua pihak kami undang bicara atasnama kemanusiaan, sebab Kilmury adalah kemanusiaan,” kata Kwairumaratu.

Ia menjelaskan bahwa Kilmury telah menunjukan eksistensi perlawanannya terhadap kolonial sejak zaman sultan Nuku hingga NKRI. “Jangan kami dijadikan anak tiri dalam provinsi ini,” tegas Kwairumaratu.** (Rul)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!