Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Tentang Kerinduan Umat ; Begini Cikal Bakal PESPARANI Nasional

Tentang Kerinduan Umat ; Begini Cikal Bakal PESPARANI Nasional

Pesparani merupakan sebuah kerinduan umat Katolik yang sering disampaikan baik secara pribadi maupun kelompok.

Ambon, cengkepala.com – Pada akhir tahun 2016, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 35 Tahun 2016 tentang (PESPARANI Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani) Katolik (LP3KN). PMA ini lahir dari dorongan kebutuhan masyarakat Katolik akan adanya satu wadah untuk perkembangan pendidikan dan iman umat Katolik khususnya dalam bidang liturgi.

Setelah lahirnya PMA ini, Ditjen Bimas Katolik segera memfasilitasi sosialisasi dan pembentukan LP3KN yang dilaksanakan pada pertengahan Juni 2017 yang lalu. DITJENBIMAS Katolik, sebagai instansi Pemerintah perlu ambil bagian untuk mendukung pengembangan tata ibadat/liturgi untuk pembinaan dan peningkatan iman umat. Pertemuan saat itu dihadiri oleh unsur Pemerintah dan Gereja Katolik seluruh Indonesia.

Pembentukan Pengurus LP3KN kemudian terbentuk dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 998 Tahun 2017 tentang Pengurus dan Bagan Struktur Organisasi LP3KN Periode Tahun 2017 sampai dengan 2022.

Adapun kepengurusan LP3KN ini diketuai oleh Adrianus Meliala yang juga Guru Besar Universitas Indonesia, Kriminolog dan sekarang Komisioner di Ombudsman RI. Lembaga ini dikukuhkan dalam perayaan Ekaristi pada tanggal 10 Februari 2018 di Aula Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Kepengurusan LP3KN adalah kolaborasi tiga unsur yang kokoh, yakni Pemerintah khususnya Kementerian Agama, hirarki Gereja (KWI), dan tokoh awam Katolik yang direkomendasikan oleh KWI. Di tingkat Provinsi Kepengurusan LP3KD (Daerah) dibentuk oleh SK Gubernur.

Menurut Direktur Urusan Agama Katolik, Sihar Petrus Simbolon sebagaimana dikutip dalam laman informasi Bimas Katolik Kementerian Agama RI menyatakan, Pesparani merupakan sebuah kerinduan umat Katolik yang sering disampaikan baik secara pribadi maupun kelompok. Upaya mewujudkan Pesparani Katolik Nasional ini juga merupakan dorongan dari berbagai pihak yang menginginkan peningkatan iman Katolik lewat seni dan budaya sehingga Gereja Katolik semakin dikenal dan dicintai.

Kerinduan masyarakat Katolik menjadi sempurna ketika Menteri Agama ternyata juga menaruh harapan akan adanya sebuah even besar bagi pengembangan iman umat Katolik yang menggaungkan kerukunan, multikultur dan ke-Bhinnekaan. Karena itu, untuk mengakomodir harapan mulia itu, lahirlah Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 35 Tahun 2016 tersebut.

Ambon Tuan Rumah Pesprani Naisonal Perdana di Tanah Air

Pengumuman resmi itu disampaikan Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik (LP3KN), Andrianus Meliala pada bulan Februari tepatnya hari Kamis (3/2-2018) lalu di Jakarta.

Pengumuman tersebut sesudah ada ketetapan dari menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin. Pengumuman Ambon ditetapkan sebagai tuan rumah tersebut sekaligus diumumkannya tema nasional Pesparani 2018 yakni “Membangun Persaudaraan Sejati”.

Untuk diketahui, acara pembukaan Pesparani I Tingkat Nasional pada tanggal 27 Oktober 2018 mendatang di Kota Ambon selain rencananya dihadiri Presiden RI dan para pejabat negara lainnya juga dihadiri, Gubernur se-Indonesia dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag se-Indonesia.**** Rul

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!