Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Tingkatkan Kapasitas Lembaga, Bawaslu Maluku Gelar Bimtek

Tingkatkan Kapasitas Lembaga, Bawaslu Maluku Gelar Bimtek

Ambon, cengkepala.com – Dalam rangka memperkuat kelembagaan Bawaslu provinsi Maluku, Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu mengadakan Bimibingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kelembagaan bagi Bawaslu kabupaten/kota se-provinsi Maluku di Everbright Ambon Hotel, sabtu (22/09).

Bimtek cita rasa seminar tersebut berhasil menghadirkan Empat narasumber diantaranya, Dewan Kehormatan Penyelenggran Pemilu (DKPP), Prof. Tony Pariela, peniliti senior pada lembaga JPPR Dr.Yusfitriad, Kasek Bawaslu Maluku, Nurbandi Latarisa dan Nasry Pimpinan Redaksi Ambon Ekspres. Keempat narsumber dipandu oleh Rony Thenu sebagai tim atisensi.

Pada umunya, disepakati SDM pada Lembaga Pengawas Pemilu merupakan aset tak ternilai ditubuh Bawaslu sehingga perencanaan, pengembangan dan pembinaan SDM pada Lembaga Pengawas Pemilu  sangat diperlukan dan diperhatikan untuk terjaminnya hasil pengawasan yang memenuhi kriteria jujur, adil, akuntabel.

Kordinator (Kordiv) organisasi dan SDM Bawaslu Maluku, Dr. Subair Abdullah menyatakan upaya membangun SDM pada Lembaga Pengawas Pemilu yang profesional dengan kompetensi tinggi perlu betul-betul dihayati oleh para pelaksana pengawasan Pemilu dalam hal ini Bawaslu Kabupaten/kota di Maluku.

“Bimtek ini targetnya untuk memberikan pemahaman mendalam dalam menjabarkan tugas setiap pengawas dan dimengerti oleh pengawas Pemilu,” ungkap Subair.

Dijelaskan dalam meninkatkan kapasitas SDM, langkah-langkah yang pro Bawaslu diantaranya Bimbingan Teknis (Bimtek), Rapat Koordinasi Organisasi dan melakukan penilaian kinerja terhadap Pengawas Pemilu secara berjenjang sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh Bawaslu RI dengan menggunakan pengelolaan SDM.

Subair selaku kordiv organisasi dan SDM Bawaslu Maluku pun membocorkan agenda pada tanggal 24 September tepat penghujung agenda Bimtek. Dimana Bawaslu kabupaten kota akan digodok oleh orang ketiga yakni pihak Rindam Pattimura Ambon.

Ditekankan, kesemuaan agenda Bawaslu ini sebagai upaya menekan kelalaian pengawas dalam menjalani sejumlah pentahapan menjelang Pileg/Pilpres 2019 mendatang.

“Kami akan bekali Bawaslu kabupaten/kota di Maluku untuk memiliki “SIM P”, yakni Soliditas,Integritas, Mentalitas, dan Profesionalitas sebagai seorang Pengawas Pemilu,” pungkasnya.***Rul

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!