Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Tinjau Asrama Haji, Musaad  Optimis Embarkasi Antara Maluku Terwujud

Tinjau Asrama Haji, Musaad  Optimis Embarkasi Antara Maluku Terwujud

Ambon, Cengkepala.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad didampingi sejumlah pejabat esalon III/IV meninjau langsung proses pembangunan Asrama Haji Transit Waiheru Ambon.

Tinjauan tersebut guna memastikan jadwal kerampungan gedung tersebut sekaligus sebagai persiapan kedatangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat momentum Pesparani Nasional ke-I bulan Oktober mendatang. Saat meninjau dan melihat kondisi fisik bangunan asrama haji yang kini proses pekerjaannya difokuskan pada pengecoran lantai dua gedung asrama, Musaad optimis kalau Embarkasi Haji Maluku segera terwujud.

Meski proses penyelesaian revitalisasi bangunan asrama haji hanya berjalan dengan dana yang dialokasikan dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Agama, Kakanwil merasa tidak perlu ada kekhawatiran terkait kendala dan hambatan apapun.

Sebab menurutnya, fasilitas keagamaan khususnya dibidang haji yang bisa mendatangkan manfaat bagi banyak orang akan mendapatkan kemudahan, sekalipun upaya itu tidak mencapai hasil yang maksimal.

Seperti diketahui, Kakanwil terus mematangkan kesiapan fasilitas asrama demi terwujudnya embarkasi haji, baik itu melalui rapat kerja maupun kunjungan. Dirinya juga sudah memerintahkan jajarannya untuk dapat mengupayakan agar di musim haji tahun 2019, Maluku sudah memiliki embarkasi haji sendiri.

Sementara itu Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I mengatakan, pembangunan asrama pada tahap awal didalamnya belum dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, misalanya miniatur kaabah, miniatur Sa’I, dan miniatur jamarat. Namun pada tahun ini pihaknya telah menjalankan tender proyek untuk membangun gedung Asrama Haji, seperti hotel, pagar pengaman, pos penjagaan, penggusuran lahan guna pembuatan setapak jalan keluar-masuk bus dan fasilitas lainnya.

“Kami sedang upayakan, semoga akan terealisasi, sehingga usaha untuk menjadikan Maluku sebagai embarkasi haji antara di kawasan Indonesia Timur akan berjalan sesuai dengan target pembangunan, ” harap Yamin.

Kehadiran embarkasi ini tentu dinilai akan memberikan jalan keluar yang solutif untuk mengatasi persoalan akses layanan penyelengraraan ibadah haji bagi masyarakat khususnya di Maluku dan Indonesia Timur. Sebab selama ini para calon jemaah haji sering mengalami kesulitan akses transportasi, dan sarana penunjang penyelanggaraan haji di Maluku. Sehingga hal itu menjadi harapan keseluruhan warga setempat di wilayah ini.

“Hadirnya embarkasi haji antara, akan memutus mata rantai penderitaan seluruh jamaah haji di Maluku dan Indonesia Timur, kerana pemerintah telah menyediakan fasilitas yang membudahkan akses dan layanan haji bagi seluruh masyarakat di wilayah ini,” pungkas Yamin.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat di tubuh Kemenag Maluku yang ikut serta mendampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad pada hari Selasa, 18/09/2018 kemarin diantaranya Kepala Bagian TU H. Jamaludin Bugis, Kabid PHU H. Yamin, Kabid Bimas Islam Zein Firdaus Kaisupy serta sejumlah pejabat esalon III lainnya meninjau pembangunan Asrama Haji Maluku di Waiheru Ambon, Selasa (18/9).*** CP- Rul | ZM-Inmas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!