Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

5 Cara Cepat Untuk Mengeringkan HP Yang Terkena Air

5 Cara Cepat Untuk Mengeringkan HP Yang Terkena Air

Namanya juga musibah, mungkin ada dari Anda yang HP-nya kena air karena banjir. Inilah cara mengeringkannya yang aman. HP baru biasanya sudah dibuat anti air dengan sertifikasi IP67 atau IP68. Tapi tidak demikian dengan HP lama. Anda harus cepat bertindak agar HP tidak rusak.

Namanya juga musibah, mungkin ada dari Anda yang HP-nya kena air karena banjir. Inilah cara mengeringkannya yang aman.
HP baru biasanya sudah dibuat anti air dengan sertifikasi IP67 atau IP68. Tapi tidak demikian dengan HP lama. Anda harus cepat bertindak agar HP tidak rusak.

Cara mengeringkan HP kena air:

1. Segera amankan HP dari air

Bahkan HP baru anti air dengan sertifikasi IP67 atau IP68, tidak bisa lama-lama kena air. Batas maksimalnya adalah kedalaman 2 meter dan waktu 30 menit. HP lama lebih dangkal dan lebih sebentar lagi. Begitu tercemplung banjir, segera angkat dan selamatkan. Segera lap dengan handuk, kain atau lainnya sebagai pertolongan pertama. Berikutnya adalah tindakan menyeluruh.

2. Segera matikan HP

Begitu diselamatkan dari air dan dilap, segera matikan ponsel. Jangan gunakan ponsel basah untuk alasan apapun. Ini untuk menghindari risiko korsleting di dalam HP

3. Lepas semua bagian yang bisa dilepas

Buka soft case plastik atau silikonnya dan bersihkan. Buka casing HP kalau memang bisa dibuka. Lepas SIM card dan memory card. Kalau HP lama yang bisa lepas baterai, lepas juga baterainya. Goyang-goyang sedikit untuk mengeluarkan air yang masuk ke port. Keringkan semua bagian yang bisa dilepas tadi. Setelah kering, bisa disatukan lagi semua untuk tahap selanjutnya.

4. Kubur pakai beras atau silica gel

Ini bukan mitos, tapi fakta ilmiah. Beras bisa mengeringkan bagian dalam dari HP basah dengan aman. Caranya, ambil wadah seukuran HP Anda, misalnya piring atau mangkuk. Bungkus HP Anda dengan selembar tisu, lalu kubur dengan beras di piring/mangkuk tersebut. Diamkan selama 24 jam. Tisu ini fungsinya agar beras tidak lengket menempel di HP.

Alternatifnya adalah memakai banyak silica gel. Biasanya ada di dalam paket barang online yang Anda beli, misalnya di dalam kotak sepatu atau paket makanan ringan. Taruh HP basah di lemari yang hangat dan ada aliran udara bersama kantung-kantung silica gel, diamkan 1-2 hari. Setelah beberapa waktu, beras dan silica gel akan menyerap air yang ada di dalam HP Anda.

5. Empat cara terlarang dalam mengeringkan HP kena air

Tips yang ini adalah 4 cara terlarang dalam mengeringkan HP kena air. Jangan pakai mesin pengering, meskipun dipasangi pelindung. Jangan ditaruh di radiator panas. Jangan dikeringkan pakai hair dryer. Jangan dimasukan ke freezer atau ditaruh di oven. 4 Cara ini justru bisa merusak HP.

Selamat mencoba ya, semoga bisa menyelamatkan HP-nya. Tetap jaga kondisi kesehatan di tengah kondisi hujan dan banjir saat ini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!