Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Bersama Pers, Bawaslu SBT Susun Peta Rawan Pemilu 2019

Bersama Pers, Bawaslu SBT Susun Peta Rawan Pemilu 2019

Bula, cengkepala.com – Bawaslu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Peta Kerawanan Pemilu 2019 dengan mengundang beberapa media masa (wartawan) yang ada di Kabupaten SBT, Jumat (24/08).

Sejumlah wartawan dalam rapat koordinasi Panwas Kabupaten SBT.***

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memantapkan persiapan pemetaan kerawanan Pemilu Legislatif dan Pilpres Tahun 2019 mendatang.

“Hari ini kami mengundang teman-teman wartawan untuk sering pendapat sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI ke-Provinsi dan di teruskan ke-kabupaten untuk melakukan pencegahan awal pertama dalam penyelenggaraan pemilu legislatif dan eksekutif pada 2019 nantinya,” ungkap Syafiudin Rumbory Kordinator Devisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten SBT.

Rumbory juga mengungkapkan pemetaan dan kerawanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 berbeda dengan Pemilihan Kepala Daerah. Kendati demikian, menurutnya IKP Pilkada tetap dapat dijadikan refleksi untuk irisan-irisan penyusunan pemetaan dan kerawanan Pemilu 2019.

“Kita butuh dukungan seluruh media dan juga masyarakat untuk mensuport dalam menyusun pemetaan kerawanan pemilu Pileg Pilpres ini. Melalui forum ini ada upaya perbaikan dari Instrumen IKP Pilkada dan jangan sampai hasilnya sama karena tidak mungkin secara metodologis,” ujar Rumbory.

Sementara itu Rosna Sehwaky Ketua Bawaslu Kabupaten SBT yang juga merangkap Kordiv SDM menambahkan, Bawaslu berhati-hati dalam menyusun indeks kerawanan Pemilu 2019. Sebab selain permasalahannya berbeda dengan Pilkada, rentang waktu penyelenggaraannya juga tidak panjang.

“Apresiasi yang setinggi- tinggi nya untuk teman-teman Insan Pers atau media masa yang menyiapkan waktu luangnya dalam pertemuan ini. Semoga dengan diskusi ini bisa membuat ide ide baik kita keluar dan semakin banyak hal-hal baik yang bisa dihadirkan, sehingga apa yang kita dambakan, kita inginkan menjadi kenyataan Bawaslu dengan wajah baru sehingga masyrakat semakin percaya dengan Bawaslu Khusny di Kabupaten SBT,” pungkasnya.

Senada Sehwaky, Kordiv Penindakan Suparjo Rustam Rumakamar juga menyampaikan identifikasi dan pemetaan kerawanan pemilu merupakan bagian dari tupoksi Bawaslu dalam pengawasan dan pencegahan.

“Kami ingin mengeksplorasi kembali secara teori dan koseptual kerawanan pemilu bagaimana hambatan-hambatannya, pelanggaran-pelanggarannya di tahun 2019 nanti. Karena ada keunikan dari pemilu tahun 2019 yakni keserentakan dalam pelaksananaanya, sehingga kami berkomitmen untuk meminimalkan proses dari sisi pencegahan dan pengawasan. Lebih baik mencegah daripada menimbulkan banyak pelanggaran,” tutup Rumakamar.** Im

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!