Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Enam Segmant Debat Publik, Tiga Paslon Cagub-Cawagub Kompetisi Curi Perhatian Masyarakat Maluku

Enam Segmant Debat Publik, Tiga Paslon Cagub-Cawagub Kompetisi Curi Perhatian Masyarakat Maluku

Ambon, Cengekapal.com –  Bertempat di Gedung Baileo Siwalima Karang Panjang Ambon, pada Senin (07/05) malam telah dilaksanakan debat Publik Calon Gubernur (Cagub) – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Maluku 2018. Dengan mengusung tema, upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk kesejahteraan demi memajuknan daerah, giat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu berjalan aman dan kodusif. Acara yang difasilitasi KPU provinsi Maluku ini berhasil menarik perhatian seluruh masyarakat Maluku.

Ketua panitia penyelenggara debat publik Cagub – Cawagub,  D. Pinontoan kepada wartawan di Ambon pada, Selasa (08/05) menyatakan,  Debat Publik terbagi dalam 6 (enam) Segmet. Segment satu berupa Openning Ceremony (Off Air) yang mana didalamnya terdapat aturan Debat Publik/Tata Tertib. Segment dua, perkenalan Visi – Misi, masing-masing Pasangan Calon Memaparkan Visi-Misi. Segment tiga , pertanyaan moderator dan jawaban Paslon – Penajaman Visi-Misi. Segmen empat, pertanyaan yang sama dari Moderator kepada Paslon terkait tema dan Jawaban Paslon. Segment lima, Pertanyaan dari Paslon yang akan dijawab Paslon dan ditanggapi oleh Paslon dan yang terkahir segment enam, clossing statemen oleh masing masing Paslon cagub-cawagub.

“Debat Kandidat cagub-cawagub semalam berjalan lancar dan kondusif. Kami berterimaksih kepada semua pihak dalam mendukung terselenggaranya agenda wajib dari KPU ini,” ungkap Pinontoan yang dikethui menjabat Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas Provinsi Maluku itu.

Semnetara itu, dalam sambutan saat membuka acara, ketua KPU provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun menyatakan, agenda debat kandidat merupakan bagian dari kampanye. Dikatakan, kampanye merupakan salah satu bagian dari bagaimana pasangan calon memperkenalkan visi-misi dan programnya. Upaya memperkenalkan ini untuk dapat menyakinkan pemilih agar dapat terpilih nantinya.

“Kampanye juga menjadi salah satu bagian dari bagaimana kita mewujudkan pendidikan politik bagi masyarakat.
Bagi KPU sebagai penyelengara pendidikan politik ini penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” akuinya.

Dijelaskan, kampanye Cagub-Cawagub di Maluku kalau menghitung hari, maka sudah 75 hari masa kampanye yang dilaksanakan para pasangan calon maupun tim kampanye dan tim relawan. Sejumlah metode pun telah dilakukan, beberapa metode kampanye antara lain pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog bahkan kegiatan-kegiatan lainya.

“Malam hari ini (Senin, 07/08) salah satu metode kampanye, yakni Debat publik pertama ini menjadi bagian penting bagi pasangan calon, karna ini merupakan panggung pasangan calon,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya atas nama penyelengara pemilihan mengucapkan terimaksih kepada putra putra terbaik Maluku yang sudah hadir sebagai calon-calon pemimpin masah depan bagi pembangunan Maluku.** (Rul)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!