Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

KRISIS DAN REKONSTRUKSI PROGRAM PEMBANGUNAN MALUKU

KRISIS DAN REKONSTRUKSI PROGRAM PEMBANGUNAN MALUKU

Oleh: Julius R. Latumaerissa
(Akademisi dan Pemerhati Pembangunan Maluku)

MALUKU HARI INI

Maluku adalah bagian dari Provinsi kepulauan dan memiliki penduduk 1,6 juta jiwa yang terdistribusi secara tidak merata pada sebelas kabupaten/kota, 88 kecamatan dan 1165 Negeri. Distribusi penduduk terbesar di Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon. Dari jumlah 1,165 juta penduduk sebagian besar hidup di wilayah pedesaan dengan tingkat hidup yang masih relatif subsistens. Kondisi SDA yang dimiliki sangat besar dan menjanjikan namun Masih banyak yang bersifat potensil dan belum menjadi kekuatan ekonomi riil yang mampu menopang gerakan pembangunan Maluku secara menyeluruh. Karakteristik rakyat Maluku yang dapat dibanggakan salah satunya adalah keramahan dan peduli kasih serta memiliki akar budaya yang sangat toleran antar umat beragama. Pluralisme di Maluku dalam sejarah awal adalah harta sosial yang patut dicontoh oleh daerah lain.

Realitas hidup masyarakat Maluku hari ini sangat memprihatinkan karena tingkat kesejahteraan sosial tidak betumbuh sesuai harapan sebagai akibat krisis sosial, ekonomi dan politik di Maluku saat ini. Krisis sosial di Maluku adalah krisis etos kerja masyarakat karena sikap apatis yang kuat dan menjadi roh masyarakat sebagai akibat pelambatan ekonomi makro Maluku. Selain itu krisis keteladanan sebagai akibat lemahnya tatanan adat budaya yang secara gradual tergerus oleh perkembangan nilai-nilai sosial secara universal. Krisis ketiga di Maluku adalah krisis kedisiplinan sebagai akibat sikap arogansi menabrak aturan dan tatanan sosial dan religi.
Krisis Hukum dan Pokitik di Maluku ditandai dengan lemahnyanya penegakan hukum atas kasus hukum terkait korupsi dan masih dominannya politik identitas, dan isu-isu dikotomi dan primodial dalam proses politik dan demokrasi di Maluku, sehingga melahirkan banyak kekecewaan masyarakat sebagai konsekwensi logis dari kesalahan pilihan dan keputusan politik rakyat. Selain itu juga lemahnya peran legislatif dalam menjalankan fungsi-fungsi legislasi secara optimal dan sebagai kekuatan penyeimbang dalam proses pembangunan politik dan ekonomi di Maluku.

Krisis ekonomi Maluku yang ditandai dengan masih tingginya angka kemiskinan terutama kemiskinan pedesaan, sehingga menempatkan Maluku sebagai provinsi termiskin urutan ke-empat di Indonesia. Demikian juga angka pengangguran terutama pengangguran intelektual di wilayah kota Ambon dan juga pengangguran terbuka di wilayah pedesaan sebagai akibat rendahnya kesempatan kerja. Kondisi ini menimbulkan pembengkakan orang miskin dan lapar, juga ketimpangan yang besar, baik antar kabupaten/kota, antar kelompok dan antar individu, sehingga berdampak kepada ketidakberdayaan rakyat Maluku untuk keluar dan mengubak dirinya dari berbagai krisis yang terjadi saat ini.

Dengan demikian pemerintahan Murad-Orno perlu melakukan reformasi tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dan tertanggung jawab, disamoing melakukan rekonstruksi model dan pendekatan pembangunan Maluku lima tahun ke depan untuk mengatasi berbagai krisis yang terjadi di Maluku saat ini. Reformasi dan rekonstruksi model, tahapan dan startegi pembangunan Maluku oleh pemerintahan Murad-Orno jika dilakukan secara serius dan konsisten dapat dipastikan mewujudkan masyarakat Maluku yang mandiri, sejahtera, beradab, adil dan berkelanjutan.

PRIORITAS PROGRAM AKSI
Berbagai pengalaman dan perkembangan telah dilewati dengan hasil yang kurang maksimal. Karena itu kita dikejar waktu untuk lebih memperbanyak kinerja konkrit sehingga kesenjangan antara “harapan” dan “kenyataan” menjadi semaki. Dekat dan bukan semakin jauh. Kinerja konkrit dari pemerintahan Murad-Orno sangat penting dan mendesak saat ini, karena masalah-masalah tekanan hidup yang dihadapi rakyat Maluku sebagai “beban hidup” sungguh berat, sebagai akibat kondisi krisis yang semakin berkepanjangan. Itu berarti pemerintahan Murad-Orno perlu membuat prioritas program-program pembangunan yang lebih berpihak kepada rakyat yaitu pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Maluku dalam jangka pendek juga jangka panjang.

Memperhatikan kondisi eksisting daerah Maluku baik SDA dan SDM yang ada, maka prioritas program diletakan kepada: (1). membangun ekonomi rakyat Maluku melalui pemanfaatan dan pengelolaan potensi desa dan mereduksi masalah kemiskinan, mengembangkan UMKM secara konsisten sebagai wujud nyata pelaksanaan OTDA di Maluku; (2). Membangun solidaritas dan soliditas sosial dengan kesadaran tinggi dengan cara pemantapan kerukunan sosial dan keagamaan; peningkatan layanan publik dan kesadaran hukum; meningkatkan ketahanan pangan lokal; pengamanan dan pengawasan produksi dan distribusi pangan dalam rangka stabilisasi harga.

ANALISIS KEBIJAKAN PEMBANGUNAN
Untuk lima tahun pertama dalam periode periode pemerintahan Murad-Orno, maka upaya mencapai Provinsi Maluku yang Mandiri terutama ditekankan pada upaya mewujudkan ketahanan pangan, pemenuhan kebutuhan prasarana dan sarana wilayah, serta pembenahan tata kelola pemerintahan. Namun penekanan upaya-upaya tersebut bukan berarti mengabaikan arahan-arahan kebijakan lainnya.

Pemenuhan dan pengelolaan kebutuhan bahan makanan pokok dan kebutuhan bahan makanan merupakan sasaran yang harus dicapai melalui pemetaan, alokasi, dan ekstensifikasi lahan pertanian bahan makanan pokok, peternakan, dan perikanan (tangkap dan budidaya) sebagai pendukung utama pencapaian swasembada pangan berkelanjutan. Selain itu langkah peningkatan dan penguatan kompetensi SDM di bidang pertanian dan kelautan yang didukung oleh pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber kekayaan laut secara berkelanjutan, disamping penguatan kelembagaan ketahanan pangan yang mampu menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup di tingkat rumah tangga, baik dalam jumlah, mutu, keamanan, maupun harga yang terjangkau.

Kedua kebijakan pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi untuk membuka akses mudah dan terjangkau ke seluruh wilayah Maluku melalui perampungan pembangunan jaringan jalan dan jembatan Trans Maluku dan jalan strategis, serta jalan-jalan lokal yang menuju ke setiap desa. Pemenuhan kebutuhan prasarana dan sarana transportasi darat, laut, udara, serta transportasi ASDP. Selain itu dibutuhkan rancangan sistem transportasi darat, laut, udara, serta transportasi ASDP yang terintegrasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan pergerakan barang dan penumpang ke seluruh wilayah Maluku secara murah dan teratur (regular).

Disamping infrastruktur perhubungan, maka dibutuhkan kebijakan pengembangan jaringan energi listrik serta penciptaan sumber-sumber energi listrik baru berskala makro dan mikro sesuai kebutuhan spesifik berbagai wilayah di Maluku, melalui penambahan kapasitas produksi listrik sehingga mampu memenuhi kebutuhan listrik seluruh wilayah sampai ke rumah-rumah penduduk setiap hari selama 24 jam.

Ketiga, dibutuhkan usaha keras pemprov Maluku untuk meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui kebijakan meningkatan penerimaan pajak dan retribusi daerah dengan penertiban objek wajib pajak dan intensifikasi penagihan pajak disertai pembinaan kesadaran pembayaran pajak. Melakukan identifikasi sumber-sumber kekayaan daerah yang potensial dan melakukan pengelolaan kekayaan daerah baik dengan pendirian BUMD maupun sistem kerjasama dengan swasta atau pemerintah daerah lain. Sasaran yang lain adalah usaha peningkatan penerimaan dana perimbangan melakui optimalisasi penerimaan komponen DBH dan DAU yang belum dilaksanakan disertai penerimaan DAK dengan upaya identifikasi dan pemanfaatan potensi daerah yang mengakomodir komitmen atau prioritas nasiona, disertai usulan program-program strategis yang relevan dengan kebutuhan daerah. Sasaran lain yang perlu dicapai juga adalah optimalisasi pengelolaan lain-lain pendapatan yang sah untuk membiayai pembangunan prasarana dan sarana di Maluku, serta program-program strategis (terutama terkait pelayanan administrasi publik, pendidikan, kesehatan, dan pengembangan SDM) yang relevan dengan kebutuhan spesifik daerah .

Kebijakan ke empat yang perlu dilakukan adalah meningkatkan ekonomi rakyat Maluku berbasis keunggulan komparatif yang bertransformasi bertahap menjadi berbasis keunggulan kompetitif melalui pemantapan industri/usaha pertanian di kawasan pedesaan Maluku dengan membangun keterkaitan sistem produksi, distribusi dan pelayanan prima khususnya dengan perkotaan, dan meningkatkan produktivitas industri/usaha pertanian melalui penguasaan, penyebaran, penerapan, dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna dengan dukungan kelembagaan ekonomi dan pemerintahan yang baik. Selain itu perlu kebijakan meningkatkan kerjasama ekonomi melalui peningkatan kerjasama antar Kabupaten/Kota di Maluku maupun dengan swasta atau pemerintah pusat atau daerah lain untuk mengelola potensi daerah. Mewujudkan iklim investasi yang kondusif, mendorong penanamank modal dalam negeri dan asing bagi peningkatan daya saing perekonomian daerah. Disamping itu meningkatan pertumbuhan dan daya saing unit-unit usaha masyarakat melalui peningkatkan daya saing dan membangun keunggulan kompetitif bagi produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta mini mikro dengan membangun sinergitas pelaku usaha, pemerintah daerah, perbankan daerah serta organisasi dan anggota masyarakat.

Ke lima adalah kebijakan yang perlu dilakukan oleh pemerintahan Murad-Orno adalah peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan masyarakat sehingga berkontribusi signifikan dalam upaya peningkatan IPM. Menanggulangi persoalan kemiskinan dan pengangguran di Maluku melalui penciptaan lapangan kerja dan lapangan usaha seluas-luasnya di perkotaan dan pedesaan sesuai fungsi spesifik dengan mengandalkan produk unggulan sebagai penopang kebutuhan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!
X