Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Pemda Maluku Berencana Bangun Kebun Binatang di Kota Ambon

Pemda Maluku Berencana Bangun Kebun Binatang di Kota Ambon

Cengkepala – Ambon, Pemerintah Provinsi Maluku melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku berencana akan membangun kebun Binatang di Kota Ambon.

Kepala Bappeda Provinsi Maluku, Antonius Sihaloho, sabtu (14/10) menjelaskan. Bappeda Maluku telah melalukan studi kelayakan atas perencanaan tersebut, studi kelayakan dilakukan oleh Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

Karena itu, berdasarkan hasil studi kelayakan diitetapkan pembangunan kebun binatang membutuhkan lokasi sebesar lima hektar, dan Kota Ambin menjadi daerah pertama di Maluku untuk pembangunan kebun binatang. Tentunya akan disesuaikan dengan potensi Hutan yang cukup memadai untuk memelihara dan meleatarikan seluruh jenis flora dan fauna yang akan ditemapkan di kebun binatang.

Dia mengakui, pembangunan kebun binatang memiliki manfaat yang sangat besar untuk masyarakat. Sebab, koleksi flora dan fauna yang ada dipelihara dan dilestarikan akan memberikan edukasi kepada masyarakat dan para pelajar.

Menurutnya, pembangunan kebun binatang merupakan upaya pemerintah untuk melesatarikan seluruh jenis flora dan fauna yang menjadi khas Maluku. tetapi juga akan ditempatkan hewan-hewan diluar Maluku agar masyarakat bisa mengenal berbagai tanaman langka sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat atas flora dan fauna yang ada di Nusantara,” ungkapnya.

Sihaloho mengatakan, pasca studi kelayakan. Pemda bersama Unpatti akan membuat master plan yang kemudian nanti akan dibahas bersama DPRD Maluku untuk dianggarkan pada APBD Pemda Maluku.

Dirinya berharap, master plan kebun binatang ini dapat segera diselesaikan dan disetujui pembangunannya oleh DPRD Maluku sehingga dapat dianggarkan pada APBD secepatnya.

Ditempat yang berbeda, Walikota Ambon, Richard Louhenpassy memberikan apresiasi dan dukungan bagi Pemda Maluku terhadap perencanaan tersebut.

dikatakannya, apapun yang dirancang demi pengembangan wawasan masyarakat akan didorong oleh pemerintah Kota.

menurutnya, jika Kota Ambon yang dipilih sebagai lokasi pembangunan Kebun Binatang. Maka pemerintah kota akan berkoordinasi untuk penentuan lokasi pembangunan, agar sesuai dengan peruntukannya tanpa merugikan pihak manapaun.(MS)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!