Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Semarakan Tahun Baru Islam, HIPPMAL Gelar Festival Budaya

Semarakan Tahun Baru Islam, HIPPMAL Gelar Festival Budaya

Ambon, cengkepala.com – Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Liang (HIPPMAL) gelar Festival Budaya di desa Liang, kecamatan salahutu, kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Kegiatan bertajub Jadikan Agama dan Budaya Sebagai Pemersatu tersebut digelar dalam rangka menyemarakan tahun baru Islam 1 muharram 1440 Hijriah.

Sebagaimana pers rilis yang diterima media ini, Rabu (12/09) menyebutkan, giat tersebut digelar bertepatan dengan 1 Muharram (11/09/2018) Selasa kemarin.

Ketua panitia, Abubakar Samoal mengatakan tema tersebut diangkat, sebab agama dan budaya itu tak harus dipisahkan, agama adalah keyakinan diri, sedangkan budaya adalah keturunan para leluhur yg mna harus dilestarikan.

“Adat anak negeri ini tak harus sirna, tak harus rapuh, serta hilang, kami anak muda negeri sangat mendukung dan sngat memperhatikan adat budaya leluhur kami agar kiranya berjenjang dan tak pernah putus,” kata Samoal.

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai penghormatan kepada para leluhur yg telah mempertahankan adat dan istiadat negeri untuk selalu diingat, sehingga mendapat respon baik dari pemerintah negeri.

Abdul Gawi Soplestuny, perwakilan dari pejabat negeri mengatakan, pemerintah negeri sangat mendukung dengan tema ini sebab menceritakan ttg napaktilas negeri, supaya masyarakat negeri selalu mengingat para leluhur yg telah tiada dgn cerita-cerita historis yg ada dinegeri liang.

“Kegiatan ini harus terus dilaksanakan setiap tahun, utk itu pemerintah negeri sangat berharap kpda pemuda negeri liang, sebab kegiatan ini juga sngat penting utk negeri karna ini negeri adat,” kata Gawi.

Sementara itu, Lutfi wael.SHi, Mantan ketua umum HIPPMAL menilai, kegiatan festival budaya tersebut merupakan kontribusi dari pemuda HIPPMAL dan sudah berjalan sejak tahun 2014.

“Ini merupakan komitmen pemuda mulai dari awal, bahwa namanya budaya itu harus diangkat, di lestarikan, karna ketika pemuda diam maka budaya itu akan mati, budaya merupakan warisan dari para leluhur sehingga harus terus di aktifkan, di budayakan, dilestarikan sehingga tetap hidup ditengah-tengah masyarakat,” ucap Lutfi.

Dalam kegiatan ini juga, Lutfi sangat berharap kepda generasi muda, semoga dari generasi masa kini menuju ke generasi selanjutnya itu lebih kreatif lagi, lebih dinamis, lebih optimis dan lebih semangat utk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan positif yang menciri-khaskan tradisi dan budaya negeri,” tutup Lutfi.*** Repoter : Subandi Kaisupy | Editor : Fahrul

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!