Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

SOLID SBT Kembali Gelar Pelatihan Terhadap 24 Kelompok Binaan di SBT

SOLID SBT Kembali Gelar Pelatihan Terhadap 24 Kelompok Binaan di SBT

Bula, Cengkepala.com – Sebanyak 24 kelompok binaan Smallholder Livelehood Development Project In Eastern Indonesia (SOLID) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pelatihan produktivitas petani.

Pelatihan dikemas dalam bentuk Workshop yang digelar mulai dari tanggal 4-5 Agustus 2018. Hadir sebagai Narasumber dalam workshop tersebut terdiri dari Kepala dinas ketahanan pangan SBT, Mirnawati Derlen, Koordinator SOLID SBT, Agus Nurlete, Tenaga Ahli program pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Abubakar Tuhuteru, Joko Murtiono, dari Kawasan Perdesaan, Abdurahman Renwarin, serta dinas Pertanian Novel Alkatiry

SOLID merupakan organisasi dibawah naungan Internasional IFAD (International Fund For Agricultural). Lembaga ini (SOLID) intens mendampingi petani guna meningkatkan kesejahteraan petani kecildengan metode perbaikan taraf hidup guna mengurangi angka kemiskinan dan memantapkan ketahanan pangan keluarga melalui kegiatan produktif berbasis sumber daya lokal.

Dalam kegiatan pendampingan tersebut, Abdurahman Renwarin, perwakilan kawasan perdesaan kabupaten SBT, memaparkan, masyarakat harus berperan sehingga menjadi Icon permodalan sehingga bisa menjawab proses jual beli. Ditambahkan, untuk mewujudkan semua ini, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus dijadikan sebagai sarana, sehingga proses dari semua ini dilakukan melalu Bumdes.

“Masyarakat kampung bisa berperan menjadi icon permodalan untuk menjawab proses jual beli hasil daerah tersebut melalui bumdes,” ucap Renwarin.

Pelatihan teknis ini untuk mendukung sentra bisnis adalah, untuk memadukan pemahaman dn serangkaian kegiatan pertanian, tentang konsep pengembangan sentra bisnis sebagai satu kesatuan yang utuh dalam prespektif sistem di kawasan pengembangan program penyuluhan dan pendampingan petani pelaku agribisnis (P4A), sehingga dapat mendorong peningkatan daya saing komoditas dan kawasan, serta pada gilirannya kesejahteraan masyarakat semakin membaik.

Untuk diketahui, Program unggulan Solid Seram Bagian Timur terdiri dari, minyak goreng Mnnlen dari Desa Namalena, Jus Pala Tunil Dari Desa Tunas Ilur, kacang botol solang dari Solang, Bubuk kakao dari Desa jembatan basah, Ikan julung dari kelu, Abon dari kilwaru, tepung sagu dari Desa Angar, Sagu lempeng dari kian.**( Ferd/IM)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!