Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Kapal Kargo Bawa 25 Orang Hilang Kontak di Perairan Maluku

Kapal Kargo Bawa 25 Orang Hilang Kontak di Perairan Maluku

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Ambon menerima laporan kapal kargo pengangkut nikel MV Nur Allya hilang kontak di sekitar perairan sekitar Pulau Buru, Maluku. Kapal berpenumpang 25 orang itu dikatakan telah hilang kontak selama lima hari sejak 20 Agustus.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin menyebut pihaknya mendapat laporan pada hari ini pukul 13.00 WIT.

“Laporannya baru kami terima dari BCC dan Kantor SAR Ternate, Provinsi Maluku Utara hari ini sekitar pukul 13:00 WIT kalau kapal tersebut mengalami hilang kontak atau distress signal,” kata Muslimin di Ambon, Minggu (25/8).

“Kapal ini berlayar dari Pulau Weda menuju Makassar (Sulsel) namun sudah lima hari tidak ada komunikasi atau hilang kontak oleh pihak BCC bersama Kantor SAR Ternate (Malut) kepada kami,” katanya lagi.

Dalam laporannya disebutkan bahwa kapal kargo MV Nur Allya diperkirakan hilang kontak pada koordinat 02° 36’00” S / 127°12’00” E. Sementara jarak dengan Pos SAR Namlea yakni 44 NM, Heading 9,51° utara Pulau Buru atau LKP sekitar 106 Nm, Heading 316,02° barat laut Pulau Ambon.

Muslimin mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Basarnas Command Center (BCC) setelah mendapat laporan kapal MV Nur Alliya hilang kontak. Koordinasi dengan Kantor Sarnas Ternate juga dilakukan.

Basarnas, lanjutnya, langung melakukan pengecekkan ke titik kordinat MC Nur Aliyya hilang kontak. Tim berangkat dari Pos Sar Namlea pada 13.45 WIT menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB). Waktu tempuh ke titik koordinat sekitar 2 jam.

Data kapal yang telah diterima Kantor Basarnas adalah MV Nur Allya berbendera Indonesia dan berjenis kapal jenis kargo. Call Sign : POAC,
IMO/MMSI : 9245237 / 525020021 dengan ukuran 30089 Gross Tonnage berpenumpang 25 orang.

Kapal tersebut adalah milik PT Gurita Lintas Samudra. Memiliki panjang 189 meter dan lebar 32 meter. Berlambung hitam dan merah serta memuat biji nikel. 

Sumber : CNN Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!
X