Portal Berita Terkini Kebanggaan Orang Maluku

Jemaah Haji SBT, SBB dan Buru Jadi Rombongan Terakhir ke Tanah Air

Jemaah Haji SBT, SBB dan Buru Jadi Rombongan Terakhir ke Tanah Air

Ambon, Cengkepala.com – Fase pemulangan jemaah haji Provinsi Maluku telah berakhir. Sebanyak 72 jemaah asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), 106 orang jemaah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dan 99 dari Kabupaten Buru diberangkatkan dengan menggunakan jasa penerbangan Maskapai Garuda Airlines Indonesia (GIA) menuju Bandara Internasional Pattimura Ambon, Jumat (7/9).


Rilis Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama Provinsi Maluku mencatat, sampai dengan hari ini pukul 13.50 WIT, total 3 kloter dengan 855 jemaah termasuk didalamnya 16 orang petugas kloter sudah diterbangkan secara menyeluruh ke Kota Ambon melalui Bandara Internasional Sultan Hasanudin Makassar yang menjadi wilayah Embarkasi-Debarkasi di kawasan Indonesia Timur.

Kepala Sub Bagian Umum Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku Jen Tepinalan yang memegang tugas PPIH Maluku Daker Bandara menjelaskan, pemulangan jemaah gelombang terakhir ini diawali dengan pemberangkatan jemaah asal Kota Ambon yang dimulai pada Rabu 5 September 2018 pukul 04.00 WITA dan tiba di Bandara Pattimura Laha Ambon tepat pukul 06.30 WIT. Secara bertahap 3 kloter itu dipulangkan secara bertahap hingga Jumat 7 September hari ini pada pukul 13.50 WIT.

Maka dengan kepulangan jemaah haji asal Kab. SBT, SBB dan Buru, menandai berakhir seluruh rangkaian proses pemulangan 1069 jemaah secara total ke tanah air Maluku.

Tepinalan menyebutkan, total keseluruhan jemaah Maluku berdasarkan data manifest berjumlah 1071 orang. Dikarenakan dua orang meninggal dunia di Mekkah saat menunaikan tahapan proses ibadah haji, maka jumlah kuota tersebut berkurang menjadi 1069 orang.

Jemaah yang meninggal tersebut atas nama Bua Permata Uar asal Kabupaten Maluku Tenggara dan Abdullah Rumbawa dari Kabupaten Seram Bagian Timur.

Secara diagnosa kesehatan, Bua meninggal lantaran mengidap penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sementara Abdullah meninggal disebabkan gangguan penyakit jantung korener.

“Alhamdulillah secara keseluruhan jemaah seutuhnya tiba dengan selamat tanpa kekurangan satupun juga,” kata Tepinalan.

Tepinalan menilai secara umum, evaluasi pemulangan jamaah dari Makkah ke Makassar dilanjutkan ke Kota Ambon hingga sepekan terakhir tidak ada kendala yang berarti. Dari segi transportasi, unit bus yang disiapkan hampir menjangkau seluruh jumlah jemaah yang ada. Meskipun ada kursi bus telah penuh, pihaknya sudah menyiapkan mobil alternatif untuk mengangkut jemaah haji tersisa.

Ia juga memberikan aplous untuk kinerja dalam hal pelayanan musim haji tahun ini, seluruh petugas pelayan jemaah bekerja cukup baik sehingga mampu menunjukkan trend positif pelayanan ibadah haji di Maluku.

“Alhamdulillah tidak ada masalah krusial dan kalaupun ada segera kita tangani,” pungkasnya.

Jemaah Kab. SBT dan SBB merupakan rombongan haji yang tergabung dalam kloter 11, sementara jemaah haji dari Kabupaten Buru terhimpun dalam rombongan kloter 12. Sebelumnya, pada hari Rabu 5 September sampai Kamis 6 September 2018 ada dua kloter yang diterbangkan. Mereka berasal dari Kota Ambon, Kabupaten Buru Selatan, Maluku Barat Daya dan Kabupaten Maluku Tengah. Sedangkan jemaah haji asal Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru diterbangkan langsung dari Bandara Udara Internasional Hasanudin Makassar menuju daerahnya masing-masing. ***  Repost : Siti Hadija Amahoru dan
Rani Burugana | Zamhir – Inmas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
about

Cengkepala.Com merupakan Portal Berita Terkini yang memuat berita-berita pilihan yang disediakan dalam sejumlah Rubrik.

Cengkepala.Com merupakan salah satu Service dari Tera Indo Pratama untuk  para client.

Our Service
  • Download Aplikasi Ojek Online
  • Daftar Ojek Online
  • Daftar Toko Online
  • Daftar Mobil Online
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pembuatan Aplikasi 
  • Jasa Pasang Iklan

© 2017 – Tera Indo Pratama. All Rights Reserved.

error: Content is protected !!